Memperingati Nuzulul Quran, Umat Islam Diingatkan Soal 3 Kesalehan

PPP memperingati Nuzulul Quran di kantor mereka, Menteng, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Dok. PPP.

VIVA - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Zainut Tauhid, mengatakan Ramadhan dan Alquran adalah waktu dan ruang yang tepat untuk bermuhasabah, merefleksikan diri, meluruskan kembali niat untuk menuju tiga kesalehan bagi umat Islam khususnya para kader PPP.

Tingkatkan Kepedulian Saat Ramadan, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Bantuan Banjir di Demak

"Yakni kesalehan ibadah, kesalehan sosial dan kesalehan orientasi amal ibadah kita semua. Di antaranya dengan memperbanyak amalan-amalan sunnah termasuk membaca Alquran dan menerapkan kesalehan sosial dengan berbagi terhadap sesama," kata Zainut yang juga Wakil Menteri Agama, Sabtu, 1 Mei 2021.

Zainut menuturkan di bulan Ramadhan ini juga merupakan kesempatan umat Islam untuk meningkatkan kesalehan sebagai makhluk sosial, bahwa fitrah dari Islam adalah melakukan transformasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial.

Gelar Malam Nuzulul Quran, Bos BNI Harap Jadi Momen Evaluasi hingga Peningkatan Integritas

"Transformasi dalam masyarakat demokratis di Indonesia tidak terlepas dari peran partai politik. Dalam konteks ini PPP adalah partai yang memiliki sejarah panjang di Indonesia sebagai wadah perjuangan dan penyalur aspirasi umat Islam sekaligus sebagai rumah besar umat Islam di Indonesia.

Baca juga: Masya Allah, Mualaf Ini Temukan Islam Dalam Kitab Weda Hindu

Prabowo Hadiri Bukber Partai Golkar Bareng Gibran, Tegaskan Hormati Proses dan Tunggu Putusan MK

Sementara itu, dalam tausiyahnya, Habib Hamid bin Ja'far al-Qadri menjelaskan bahwa jati diri kaum muslimin adalah dalam Alquran.

"Kalau berbicara tentang persatuan, berbicara tentang nilai-nilai ukhuwah maka kita tidak perlu teori siapapun karena di dalam kitab suci Alquran ada gambaran dan konsep yang luar biasa tentang persatuan," katanya.

Oleh karena itu, kata Habib Hamid, di dalam Alquran terdapat banyak konsep tentang persatuan.

"Di antaranya adalah; innamal mu'minuuna ikhwah. Apapun latar belakangnya, apapun organisasinya, apapun partainya selagi dia mengatakan kalimat tauhid berarti dia adalah ikhwah, atau saudara kita," katanya.

Dewan Pimpinan Pusat PPP menggelar peringatan Nuzulul Quran di Mushola Al-Ittihad, Kantor Sekretariat DPP PPP, Jalan Diponegoro 60, Menteng Jakarta Pusat, Jumat, 30 April 2021.

Acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya, Khotmil Qur'an Bil Ghoib, bagi-bagi takjil, santunan anak yatim, pembacaan ratibul haddad, tarawih berjamaah hingga tausiyah cinta dengan tema ‘Merawat Persatuan dengan Membumikan Alquran’, diisi oleh Habib Hamid bin Ja'far al-Qadri.

Selain tausiyah, kegiatan tersebut diisi dengan pembacaan ratibul hadad dan tahlil yang dipimpin oleh Nasrullah Rasyid al-Baghdadi dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Habib Fachry Jamalullail.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya