Ngabuburit di Kota Habitat Kelelawar

Kota Kalong di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • VIVA/Irfan-Makassar

VIVA – Kabupaten Soppeng merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Selatan terbilang unik. Watansoppeng yang menjadi pusat kota tersebut menjadi habibat kalong atau kelelawar.

Kembali Berulah, KKB Bakar Bangunan Sekolah Dasar di Intan Jaya Papua

Ribuan ekor kelelawar membentuk koloni dengan bergelantungan di sejumlah pohon asam. Kalong telah menjadi ikon tersendiri bagi Kabupaten Soppeng. Daerah ini jaraknya sekitar 180 kilometer lebih dari Kota Makassar.

Jika sore hari menjelang petang tiba, kelelawar itu beterbangan dengan riuh disertai suara khas mereka yang melengking.

Palestina Sebut Lebih dari 10.000 Orang Hilang di Bawah Puing di Gaza

Beberapa tahun terakhir, wisatawan lokal maupun pelancong dari luar Kabupaten Soppeng lebih dapat menikmati dengan santai ekspresi kelelawar saat bergelantungan di pepohonan atau pun di kala terbang, karena pemerintah setempat telah menyediakan area khusus bagi pengunjung di Taman Kalong.

Achmad Faiz Dermawan, seorang pengujung dari Kota Makassar, tampak begitu menikmati pemandangan kelelawar pada akhir pekan kemarin.

Baliho Rektor UMT Maju Pilkada Kota Tangerang Dirusak OTK, Relawan Geram

Ditemani sang ibunda, Faiz pun tak lupa mengabadikan momen berjalan di bawah "pohon kelelawar". "Ini juga sekaligus ngabuburit menunggu masuknya waktu berbuka puasa," ujarnya.


Tak jauh dari Taman Kalong, bangunan ikonik Kabupaten Soppeng lainnya, yakni Villa Yuliana, sebuah bangunan villa yang cukup eksotis berlokasi agak ke atas dari taman itu.

Penamaan Villa Yuliana tersebut konon merujuk kepada puteri dari sang Ratu Kerajaan Belanda pada masa itu, Wilhelmina Helena Pauline Marie van Orange-Nassau.

Sang putri bernama lengkap Juliana Louise Marie Wilhelmina van Oranje-Nassau. Namun Yuliana tak kunjung menginjakkan kaki di Bumi Latemmamala, julukan Kabupaten Soppeng.

Masih di sekitar Taman Kalong dan Villa Yuliana, terdapat bangunan Masjid Agung Darussalam Watansoppeng, yang melambangkan bahwasanya daerah itu masih kuat dan kental dengan corak keislamannya.

Berada di antara semua bangunan monumental itu, pengunjung juga bakal disuguhi dengan view pegunungan yang menjadi latar di wilayah Kota Watansoppeng. Sayang jika Anda tak mengabadikannya dengan kamera. Penasaran kan? Segera melancong ke Kabupaten Soppeng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya