3 Inspirasi Sajian Buka Puasa dari Negara Asia, Ada Favoritmu?

Ilustrasi buka puasa bersama.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia dan negara Asia lainnya memiliki beberapa kesamaan dalam hal kuliner, termasuk minuman segar nan manis untuk berbuka puasa. Nah, sajian dari tiga negara di Asia Tenggara ini bisa jadi rekomendasi untuk berbuka puasa saat petang nanti.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Letaknya yang berdekatan membuat negara-negara di Asia Tenggara ini kerap menjadi tujuan wisata. Untuk yang sudah pernah melancong ke sana, tentu sudah tahu sajian kuliner yang favorit di negara-negara tersebut.

Banyak juga sajian yang bisa jadi inspirasi menu minuman untuk berbuka puasa. Selain segar, rasanya juga unik dan mudah diterima buat lidah netizen Indonesia pastinya.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Enggak usah nunggu lama lagi, yuk kita ulas tiga minuman dari tiga negara Asia Tenggara yang punya minuman khas nan segar. Berikut rekomendasinya, dikutip dari berbagai sumber.

Es ABCD

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Untuk yang suka nonton kartun anak Upin Ipin, tentu tak asing dengan sajian es satu ini. Ya, es ABCD yang kerap dipesan para pelanggan di kedai Uncle Muthu ini, ternyata memang khas dari negeri Jiran, lho.

ABCD adalah singkatan Air Baru Campur Durian. Cara membuatnya cukup mudah, kok. Bahan utamanya adalah kacang merah, kolang-kaling, agar-agar dan jagung. Toppingnya ada durian, nata de coco, es krim, juga lidah buaya dan cendol. Taburan rasa manis tambahan bisa dari susu cokelat, susu kental manis, hingga larutan gula aren.

Mango sticky rice

Mango Sticky Rice juga disebut sebagai khaoniao mamuang. Makanan yang sudah cukup populer di Indonesia ini adalah sajian tradisional khas Thailand yang kerap dijadikan sebagai dessert atau appetizer. Sajian ini memiliki bahan dasar dari ketan, mangga segar, serta santan.

Menu dessert yang akrab di lidah orang Indonesia ini kini disajikan secara berbeda oleh Chatime. Jika biasa disajikan di mangkuk beralaskan daun pisang, kini diubah menjadi minuman segar yang bisa disruput langsung melalui sedotan.

Sensasi manisnya mangga, dicampur gurihnya ketan, ditambah santan susu yang segar. Mango Sticky Rice sangat cocok untuk melepas dahaga sekaligus menambah energi setelah berpuasa seharian penuh.

"Di momen bulan puasa ini, kami menghadirkan menu takjil kekinian anti mainstream, Mango Sticky Rice, mengadaptasi menu dessert Thailand yang menjadi favorit di Indonesia. Selain itu, kami juga menjamin keamanan seluruh minuman melalui bahan-bahan berkualitas, proses pembuatan yang higienis, dan telah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI," ujar Direktur PT. Foods Beverages Indonesia, Devin Widya Krisnadi.

Buko pandan

Yuk jalan lagi ke negeri tetangga yaitu Filipina! Hidangan penutup asal Filipina ini sudah cukup populer di pulau Sumatera. Sajian tradisional ini memiliki rasa yang manis gurih lantaran campuran dari mutiara sagu, kelapa muda, susu kental manis, agar pandan, serta krim serbaguna.

Jika biasanya memakai daun pandan asli untuk rasa kuah yang khas, kini daun pandan sudah sulit dicari sehingga lebih praktis pakai perisa pandan. Untuk toppingnya, bisa pakai es krim vanilla agar lebih segar saat berbuka puasa. Wuih, dijamin rasanya segar banget!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya