4 Cara Berbuat Baik di Sisa Ramadhan

Ilustrasi donasi
Sumber :
  • www.pixabay.com/niekverlaan

VIVA – Enggak terasa bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan tinggal menghitung hari. Tapi, bukan berarti kamu enggak bisa terus berbuat kebaikan dan memperbanyak pahala, lho. 

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Masih ada sisa waktu jika kamu berniat ingin menimbun pahala sebagai bekalmu di akhirat kelak. Nah, sebagai referensi, mungkin kamu bisa melakukan 4 kebaikan ini, dikutip dari siaran pers Helo, Jumat 7 Mei 2021. 

Saling berbagi, saling berdonasi

Benarkah Meninggal di Bulan Ramadhan Dijamin Masuk Surga? Ustaz Syafiq Basalamah Beri Penjelasan

Bulan Ramadhan seringkali digunakan untuk saling berbagi dan membantu sesama. Di era digital saat ini, ada banyak cara baru untuk berbagi, termasuk dengan mengunggah konten positif. 

Contohnya, seperti yang ditunjukkan oleh salah satu pengguna Helo, Cahnifa Marifa. Dia berbagi kebaikan di aplikasi Helo dengan memberikan donasi untuk yatim dan dhuafa. Ia telah berkontribusi memberikan bantuan pendidikan, ekonomi, dan kesehatan masyarakat di desa Jarak, Jombang, Jawa Timur.

3 Amalan Ini Punya Pahala Setara dengan Haji dan Umrah

Menyebarkan inspirasi Ramadhan di media sosial

Rasanya tenang sekali bukan, bila media sosial kita dipenuhi dengan konten informatif seputar Ramadhan yang serba positif? Ya, mendapatkan informasi dan menikmati momen Ramadhan bersama orang-orang tersayang di sekitar kita tetap bisa dilakukan di platform digital. 

Menciptakan Ramadhan yang nyaman dan aman di media sosial bisa dimulai dari kita yang harus bijak dalam mengunggah konten. Konten tematik Ramadhan yang positif akan meraih kenyamanan diri dan batin tersendiri di bulan suci ini. 

Bisa juga dengan membagikan serba serbi konten inspiratif dan damai, mulai dari video berbagi kebaikan ke sesama, inspirasi menu berbuka dan sahur, pengetahuan agama, ceramah yang bermanfaat, jadwal doa, hingga berita terkini mengenai Ramadhan 2021. 

Membagikan momen kebahagiaan dengan orang tersayang

Bicara Ramadhan, bersosialisasi dengan keluarga, teman, saudara, dan orang-orang terdekat, dapat menciptakan kebahagiaan tersendiri. Kamu bisa memasak bersama untuk menu buka puasa dan sahur atau ngabuburit online, dengan nonton film di rumah, atau sekadar olahraga ringan bersama keluarga menjelang berbuka puasa. 

Bermaaf-maafan secara virtual

Ramadhan dan Lebaran identik dengan momen saling meminta maaf dan memohon ampun pada sesama untuk menjadi diri yang lebih baik. Meskipun di situasi pandemi jarak memisahkan kita dengan orang tersayang, platform digital memungkinkan kita untuk tetap bisa mengungkapkan permintaan maaf secara virtual. 

Country Head of Operations Helo Indonesia, Indira Melik, mengatakan, dia meyakini bahwa konten inspiratif yang diunggah di media sosial, akan mendapat pengaruh positif di masyarakat. 

"Menciptakan lingkungan platform digital yang damai selama bulan suci bisa dimulai dari diri kita sendiri. Untuk itu, jangan ragu menyebar kebaikan agar mampu memberdayakan keberagaman masyarakat Indonesia," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya