Ramadhan Sehat, Menko Muhadjir Jalan Kaki ke Kantornya

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy
Sumber :
  • Humas Kemenko PMK

VIVA – Hampir seluruh menteri dan pejabat negara, lazimnya memilih dikawal oleh mobil patroli dan pengawalan (Patwal) untuk sampai ke kantor. Apalagi di tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Namun Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, sedikit berbeda. Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu memilih berbeda dengan rekan pejabat lainnya.

ASN Boleh WFH 16-17 April untuk Tunda Arus Balik, Menko PMK: Kamis-Jumat Jangan Bolos!

Dari video yang diterima VIVA, Muhadjir berangkat dari rumah dinas di Jalan Widya Chandra Jakarta Selatan ke kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat, dengan menggunakan transportasi massal, MRT. Kejadian itu direkam pada tanggal Kamis 6 Mei 2021.

Menuju stasiun MRT di bilangan Senayan, Muhadjir tidak menggunakan kendaraan pribadi. Ia memilih jalan kaki. Tidak tampak sebagai pejabat negara, atau seorang menteri koordinator. Ketua PP Muhammadiyah itu santai mengenakan tas selempang yang cukup sederhana dan kemeja putih lengan panjang dilipat. Tas kasual berwarna biru selalu melekat di pundaknya sambil beberapa kali terlihat dikenakan secara silang.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Baca juga: Khutbah Emosional Imam Masjidil Haram di Jumat Terakhir Ramadhan 1442H

Muhadjir seolah menikmati udara Jakarta pagi itu dengan jalan santai. Padahal pria kelahiran Madiun Jawa Timur tersebut, tengah berpuasa. 

12 Killed in Deadly Accident at KM 58 Cikampek Toll Road

Gaya Muhadjir pun tidak berubah, dia memang dikenal sering kali mengenakan topi di setiap perjalanan dinasnya apabila kunjungan kerja ke daerah.

Duduk di kereta MRT, Muhadjir berbaur seperti biasa dengan para penumpang lainnya. Tidak ada pengawal di kiri dan kanannya, hingga ia turun di stasiun HI. 

Dari stasiun HI MRT tersebut, jarak ke Kantor Kemenko PMK cukup jauh, lebih dari 1 km. Namun Muhadjir tidak menggunakan kendaraan umum atau jemputan sang sopir yang siap mengantarkannya ke kantor.

Photo :
  • Humas Kemenko PMK

Ia memilih jalan kaki sembari sesekali menyampa warga yang berpapasan dengannya. Muhadjir juga membagikan masker kepada warga yang dia hampiri. Bahkan salah satu diantaranya adalah pengemudi ojek online. Dari video yang dibagikan Kemenko PMK, memang tertulis keterangan kegiatan Muhadjir menuju ke kantor: 'Tetap Sehat di Bulan Ramadhan.'

Kegiatan Muhadjir dibagikan lewat akun media sosial miliknya, "Ke kantor jalan kaki dan naik MRT, biar terjaga sehat sembari menikmati udara segar dan mentari pagi," tutur Muhadjir lewat akun Instagram.

Aktivitas berjalan kaki menuju kantor sudah beberapa kali dilakukannya. Ia juga pernah mengajak anak sulungnya Zidan ke kantor menggunakan MRT dan tentu sambil diselingi berjalan kaki. Ada juga foto di sekitaran Jalan MH. Thamrin, Muhadjir dengan mengenakan kaus dan celana bahan, sambil membagikan masker kepada petugas kebersihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya