Puasa Sebentar Lagi, Ini 6 Amalan Terbaik Bulan Ramadhan

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay/ Chiplanay

VIVA – Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan. Maka dari itu, umat Muslim akan berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk mendapatkan pahala berlipat ganda yang telah Allah SWT janjikan.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Termasuk juga melakukan amalan-amalan di bulan Ramadhan. Jika dilakukan secara rutin selama bulan Ramadhan, tak hanya berpahala, kamu juga akan mendapatkan berkah yang melimpah. 

Berikut 6 amalan di bulan Ramadhan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yang bisa kamu lakukan, dihimpun VIVA dari berbagai sumber:

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Puasa
Tentu saja puasa masuk dalam amalan bulan Ramadhan, karena wajib hukumnya. Setiap melakukan amalan di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan, mulai dari 10-700 kali lipat. 

Namun, ada pengecualian untuk puasa. Sebab, Allah SWT sendiri yang akan membalasnya, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, berikut ini. 

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

"Barang siapa yang berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka Allah akan menghapuskan dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari dan Muslim).

Membaca Alquran
Membaca Alquran di bulan Ramadhan dianggap sebagai amalan khusus, karena bisa digabungkan dengan amalan puasa. Sehingga seakan-akan, jika kamu berpuasa namun tidak membaca ayat Alquran, maka tidak mendapatkan fadillah ibadah.

Perbanyak sedekah
Meski sedekah bisa dilakukan kapan saja, namun memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri. Termasuk, jika kamu memberi makan orang untuk orang yang berbuka puasa. 

"Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun." (HR Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani).

Makan sahur
Bangun untuk makan sahur juga menjadi salah satu amalan bulan Ramadhan yang disunnahkan. Rasulullah SAW bersabda, seperti berikut ini.

"Makan sahur itu mengandung berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya sebiji kurma."

Salat Tarawih dan Witir
Salat Tarawih dan Witir termasuk amalan bulan Ramadhan yang tak kalah istimewa. Apalagi, khusus Tarawih, salat sunnah ini hanya dikerjakan selama malam bulan Ramadhan saja. 

Fokus ibadah di 10 hari terakhir
Pada 10 hari terakhir Ramadhan, Allah SWT menjanjikan akan memberikan ampunan kepada umat Islam yang beribadah. Salah satu hadis Rasulullah SAW turut menjelaskan mengenai hal ini. 

"Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya." (HR Muslim).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya