Agar Puasa Terjaga Selama Ramadhan, Begini Doanya

Doa agar puasa terjaga
Sumber :
  • PIXABAY

VIVA – Hari ini umat muslim menjalankan ibadah puasa pertama di bulan Ramadhan. Bulan penuh keberkahan yang dinanti umat muslim untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala. 

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Selama menjalankan ibadah puasa, tak sedikit umat muslim yang masih harus menjalankan aktifitas seperti biasa yaitu bekerja, berbisnis, dan berdagang. Dalam menjalankan aktifitasnya tentu banyak godaan yang bisa mengurangi pahala. Agar puasa yang dijalankan tetap terjaga, yuk simak doa berikut. 

Wa bisawmi ghadinn nawaiytu min shahri ramadan. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Artinya, “Sesungguhnya saya berniat untuk menjaga puasa hari ini di bulan Ramadhan.” 

Selain membaca doa tersebut, ada baiknya juga umat muslim untuk melaksanakan kegiatan lain agar amal ibadahnya tetap terjaga selama bulan Ramadhan. 

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Membiasakan salat berjamaah di masjid 

Masjid selain menjadi tempat terbaik tentang hidup bermasyarakat, juga banyak pembelajaran yang dapat di ambil. Diantaranya tatakrama untuk memasuki masjid, adab duduk di masjid, menjaga kebersihan masjid, tenang dan khusyu dalam menjalankan ibadah salat lima waktu. 

Membiasakan salat malam 

Menurut para ulama bahwa salat malam dapat membantu seseorang dalam memikul tugas-tugasnya yang sangat berat, melatih kesabaran, konsisten dan menumbuhkan sikap istiqamah dalam berdakwah. Salat malam juga sebagai pengabdian dan ketaatan kepada Allah SWT. 

Membiasakan bersedekah 

Bersedekah merupakan pemberian dari seorang muslim secara sukarela dan ikhlas tanpa di batasi waktu dan jumlah. Bulan Ramadhan biasanya dijadikan momentum umat muslim untuk bersedekah, baik melalui infak ataupun zakat (fitrah dan mal). 

Bersedekah pada bulan Ramadhan mempunyai nilai pahala yang sangat tinggi. Seperti kata Nabi SAW “Seutama-utama sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan” (HR at-Tirmidzi). 

Membiasakan bertadarus Al-Quran 

Selain puasa, tadarus Al-Quran merupakan ibadah yang rutin dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Bahkan di penghujung Ramadhan biasanya dijadikan sebagai momen khataman Al-Quran. 

Jadikanlah membaca Al-Quran, utamanya di pagi hari usai salat subuh atau menjelang senja usai salat magrib, sebagai kegiatan rutin dalam keluarga. Dengan cara itu, rumah akan selalu dipenuhi dengan bacaan Al-Quran sehingga berkah. 

Dengan mengamalkan hal-hal diatas, In Shaa Allah puasa Ramadhan kita akan terjaga sepanjang hari. Meski banyak aktifitas tapi kita masih bisa mendapat amal ibadah yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya