Kagum Akan Kuasa Allah SWT, Bacalah Doa Ini

Doa ketika kagum terhadap sesuatu
Sumber :
  • Pinterest

VIVA – Allah SWT begitu banyak menciptakan keindahan di muka bumi ini. Mulai dari pemandangan, benda-benda, bahkan manusia. Ketika kagum terhadap ciptaan Allah SWT tersebut, ada baiknya kita membaca doa kagum akan kuasa Allah SWT. Seperti apa doa dan maknanya? Yuk simak artikel berikut. 

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Allazina yazkurunallaha qiyamaw wa qu’udaw wa ‘ala junubihim wa yatafakkaruna fi khalqis-samawati wa-ard, rabbana ma khalaqta haza batila, sub-hanaka fa qina azaban-nar 

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” 

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Salah satu ciri orang berakal yang merupakan sifat khusus manusia dinilai sebagai makhluk yang memiliki keunggulan dibanding makhluk lain. Apabila ia memperhatikan sesuatu, selalu memperoleh manfaat dan faedah, selalu menggambarkan kebesaran Allah. Ia selalu mengingat Allah di setiap waktu dan keadaan, baik pada waktu ia berdiri, duduk atau berbaring. 

Tidak ada satu waktu dan keadaan dibiarkan berlalu begitu saja, kecuali diisi dan digunakannya untuk memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi. Memikirkan keajaiban-keajaiban yang terdapat didalamnya, yang menggambarkan kesempurnaan alam dan kekuasaan Allah. 

Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

Dengan berulang-ulang direnungkan hal-hal tersebut secara mendalam, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad: 

“Pikirkan dan renungkanlah segala sesuatu yang mengenai makhluk Allah, dan jangan sekali-kali kamu memikirkan dan merenungkan tentang zat dan hakikat penciptanya, karena bagaimanapun juga kamu tidak akan sampai dan tidak akan dapat mencapai hakikat Zat-Nya.” 

Akhirnya setiap orang yang berakal akan mengambil kesimpulan dan berkata: 

“Ya Tuhan kami, tidaklah engkau menciptakan ini semua, yaitu langit dan bumi serta segala isinya dengan sia-sia, tidak mempunyai hikmah yang mendalam dan tujuan yang akan membahagiakan kami di dunia dan di akhirat.”

Mahasuci Engkau Ya Allah dari segala sangkaan yang bukan-bukan yang ditujukan kepada Engkau, maka peliharalah kami dari siksa api neraka yang telah disediakan bagi orang-orang yang tidak beriman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya