3 Hal yang Dibutuhkan Tubuh Agar Puasa Maksimal

Menu Makan Sehat
Sumber :
  • pixabay/takazart

VIVA – Bulan Ramadan merupakan momen bagi umat Muslim untuk menjalani ibadah puasa. Saat berpuasa satu bulan lamanya, tubuh memerlukan asupan nutrisi penting agar tetap aktif menjalani kegiatan.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Untuk mampu menjalani puasa Ramadan secara maksimal, kita harus mampu menjaga pola makan. Menurut dokter spesialis gizi klinis, dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, asupan nutrisi saat puasa tetap harus memenuhi kebutuhan saat tidak berpuasa.

"Tetap harus ada karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mineral. Lebih bagus lagi jika asupan cairannya mencukupi yaitu 2 liter sehari," ungkap dia dalam temu media di kawasan Gondangdia, Jakarta beberapa waktu lalu.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Berikut asupan nutrisi yang harus dipenuhi selama puasa Ramadan.

1. Karbohidrat dan lemak

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Karbohidrat terdiri dari dua jenis yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Singkong dan ubi merupakan jenis kompleks. Sementara, nasi putih adalah sumber karbohidrat sederhana.

"Keduanya bagus dikonsumsi. Tapi memang karbohidrat kompleks lebih lama kenyangnya. Kalau karbohidrat sederhana silakan dikonsumsi tapi dibatasi," jelas dokter Jovita.

2. Protein dan lemak

Jenis protein terbagi dua yaitu hewani dan nabati. Dikutip dari Healthline, konsumsi protein saat puasa dapat membantu mengimbangi beberapa efek samping puasa seperti rasa lemas berlebih. Asupan protein tersebut bisa menjadikan sumber lemak yang diolah oleh tubuh selama berpuasa.

Bicara mengenai protein, Hokben menghadirkan Bento Ramadan sebagai gizi seimbang dan halal saat berpuasa. Sumber protein terdapat pada menu utama yaitu chicken teriyaki/chicken yakiniku/beef teriyaki/beef yakiniku dan juga menu goreng antara lain egg chicken roll/udang roll/bola tori/ebi furai yang tersaji dalam satu paket.

“Kami mempertimbangkan aneka komposisi menu manis seperti kurma, kue dan wafer cokelat kami hidangkan karena setelah seharian berpuasa, tubuh butuh energi selain gizi seimbang dengan sayur dan lauk pauk sesuai saran Kementerian Kesehatan,” jelas Kepala Grup Pemasaran dan Komunikasi PT. Eka Bogainti Francisca Lucky, dalam siaran pers Hokben yang diterima VIVA, Jumat 3 Mei 2019.

3. Sayur dan buah

Untuk tetap terhidrasi, tubuh membutuhkan rata-rata 2 liter air dalam sehari. Selain dari air mineral, cairan dan serat dapat diperoleh dari sayur dan buah.

"Dengan perbanyak sayur dan buah, mampu menjaga energi tubuh saat berpuasa seharian," ungkap Jovita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya