Catat, Ini Makanan Wajib Ada Saat Sahur Pertama

ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Umat Muslim di Indonesia akan segera memasuki bulan Ramadan. Bagi umat Muslim, Ramadan ialah bulan yang suci. Mereka percaya bahwa dalam satu bulan penuh itu seluruh ibadah yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

Selama satu bulan pula umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Umumnya puasa dianggap sebagai upaya mengendalikan diri, termasuk menahan lapar dan haus mulai dari Subuh hingga Magrib tiba juga menahan hawa nafsu.

Selain itu, sebelum puasa, umat Muslim juga disarankan untuk melakukan sahur atau makan sebelum beduk Subuh tiba. Ini penting dilakukan karena sahur menjadi salah satu asupan berarti yang dibutuhkan selama menjalankan puasa.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

"Ketika memutuskan apa yang harus dimakan selama Ramadan, ingatlah bahwa Iftar dan Suhoor membantu mempertahankan puasa Anda pada hari berikutnya, jadi mengonsumsi makanan yang tepat adalah penting," kata Departemen Diet di Singapore General Hospital (SGH), seperti dilansir dari Health Exhange.

Lalu makanan apa saja yang wajib ada pada sahur pertama?

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Hal pertama yang mesti diingat bahwa makanan sahur harus sehat untuk menyediakan energi yang cukup untuk bertahan selama jam-jam puasa yang panjang. Berikut beberapa rangkumannya:

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Memilih makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan dan sayuran sangat penting selama puasa. Ini karena konsumsi keduanya mampu meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah sembelit. Makanan itu juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemical yang sangat penting untuk kesehatan yang baik.

Beras dan alternatifnya

Makanan tinggi serat karbohidrat seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membantu mempertahankan tingkat energi lebih lama.

Daging dan alternatif
Ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak adalah sumber protein yang baik sambil membatasi asupan lemak Anda. Selain itu, makanan tersebut membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, dan membangun sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengonsumsi produk susu tinggi kalsium juga membantu mempertahankan tulang yang kuat.  Mereka yang tidak toleran laktosa dapat memilih susu bebas laktosa atau susu kedelai yang diperkaya kalsium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya