RESEP: Manis Segar Es Pisang Ijo

Es pisang ijo.
Sumber :
  • Cookpad/Bunda Dewi

VIVA – Buka puasa memang disarankan didahului dengan minum yang hangat-hangat. Namun, tak bisa dimungkiri kenikmatan minuman dingin saat sedang haus-hausnya itu benar-benar juara. Tak heran jika banyak menu takjil segar yang dicampur dengan es batu.

Kumpulan Resep Es Pisang Ijo yang Menyegarkan dengan Berbagai Versi

Satu yang cukup banyak digemari adalah es pisang ijo yang tak hanya manis dan menyegarkan, namun juga mengenyangkan. Cukup untuk mengganjal perut sebelum makan malam selepas salat tarawih nanti.

Berikut resepnya dari salah satu pengguna Cookpad, Bunda Dewi.

Festival Kuliner Selera Nusantara Digelar, Komplet Ada Makanan Sabang-Merauke

Es Pisang Ijo

Bahan-bahan

Kesulitan Keuangan, Ressa Herlambang Sempat Jualan Es Pisang Ijo

Bahan Kulit

-100 gr tepung terigu
-1 sdt margarin
-Pasta pandan secukupnya
-3 buah pisang kepok atau raja
-100 ml air

Bahan Bubur Sumsum

-200 ml santan (65 ml santan instan + air)
-25 gr gula pasir
-Garam secukupnya
-3 sdm tepung beras

Bahan Lain

-Sirup cocopandan secukupnya
-Es batu secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan bahan, didihkan air, margarin, garam dan beri pasta pandan. Setelah mendidih, kecilkan api lalu masukkan tepung terigu. Aduk cepat dam matikan api. Setelah adonan hangat, remas-remas adonan hingga semua tercampur rata. Uleni hingga kalis.

2. Kupas pisang, ambil adonan dan pipihkan bungkus pisang dengan adonan tadi. Lalu panaskan kukusan olesi wadah dengan minyak goreng kukus pisang yang telah terbungkus adonan kulit selama 15 menit. Jangan lupa tutup panci dengan serbet.

3. Untuk membuat bubur sumsum, rebus santan, gula pasir, garam dan aduk sampai mendidih. Larutkan tepung beras dengan air, masukkan ke dalam larutan santan, lalu aduk sampai mengental. Matikan api.

4. Siapkan mangkuk saji, potong-potong pisang ijo. Letakkan pisang ijo, es batu dan bubur sumsum. Siram dengan sirupnya. Es pisang ijo siap dinikmati. (mar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya