Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Ilustrasi hemat uang saat Ramadan.
Sumber :
  • Halomoney.com

VIVA – Selama bulan Ramadan, biasanya hampir semua pusat perbelanjaan menawarkan beragam promo menggiurkan. Jika tidak dikontrol, tentu ini bisa mengancam keuangan Anda.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Tidak ada salahnya memanfaatkan promo yang ada. Pakar keuangan Ligwina Hananto mengatakan, ketika menghadapi promo, tentukan pilihan apa yang paling Anda butuhkan.

Misalnya, apakah itu kualitas atau kuantitasnya. Menurutnya, jika yang dicari kuantitas, berarti bisa memanfaatkan promo.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

"Tapi kalau kualitas tentu harus memilih produk premium," ujar Ligwina saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Setiap orang memiliki perbedaan dalam cara berbelanja, yang terpenting bagaimana kondisi keuangan Anda, apakah mencukupi atau tidak. Jika memang kebutuhan dan kemampuan Anda membeli sebanyak dua, kenapa harus membeli lima. Intinya adalah bagaimana Anda bisa punya kendali diri.

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

"Promo kita gunakan sesuai dengan manfaatnya. Jangan sampai kita yang jadi bingung," ujar Ligwina.

Sebenarnya, berbelanja bukanlah hal yang harus ditakutkan, asal Anda tahu betul berapa yang harus dihabiskan dan berapa yang harus ditabung. Kemampuan ini pun seharusnya Anda bisa ajarkan ke anak.

Ada beberapa skill keuangan yang bisa Anda ajarkan ke anak sejak dini selain menabung, yaitu berbelanja. Ketika anak sudah diajarkan skill berbelanja sejak kecil, ketika dia dewasa dan memiliki penghasilan, dia akan bisa mengatur berapa yang perlu dihabiskan untuk belanja dan berapa yang harus ditabungnya. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya