3 Tips Simpan Bahan Makanan Selama Puasa

Ilustrasi menyimpan makanan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bulan Ramadan kerap disebut sebagai momen pembersihan diri, baik secara rohani maupun jasmani. Hal ini karena selain untuk ibadah, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat membantu metabolisme dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, untuk meraih manfaat kesehatan selama berpuasa, penerapan pola makan yang sehat dan sesuai kebutuhan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan.

Sayangnya masyarakat kerap abai, dan cenderung kurang memperhatikan asupan ketika berpuasa. Certified Cullinary Nutrition Expert, Mia Maria menyampaikan pentingnya mengonsumsi variasi makanan segar dan bergizi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

“Untuk mendukung aktivitas selama berpuasa, tubuh membutuhkan asupan yang seimbang, dengan memadukan protein, lemak baik, serat, dan karbohidrat. Perlu diperhatikan, konsumsi makanan saat sahur dan berbuka memiliki fungsi masing-masing," tulisnya dalam rilis Lemari Es Beko yang diterima VIVA, Jumat, 3 Mei 2019.

Lebih lanjut, Mia mengatakan bahwa makan saat sahur akan berpengaruh pada pasokan energi dalam tubuh untuk aktivitas pagi hingga sore hari. Sedangkan saat berbuka, tubuh membutuhkan asupan yang dapat mengembalikan energi untuk disimpan hingga malam hari yang durasinya lebih singkat dibandingkan siang hari.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Meski mempersiapkan bahan makanan untuk menu yang seimbang, bergizi dan variatif, tentu bukan tanpa hambatan. Namun, proses belanja bahan makanan dan cara penyimpanan menjadi tantangan tersendiri, khususnya di bulan Ramadan. Agar dapat menjalani ibadah dengan nyaman, tenang dan tetap sehat, berikut tiga tips persiapan pengelolaan makanan selama Ramadan.

1. Belanja di akhir pekan

Manfaatkan momen akhir pekan untuk berbelanja bahan makanan segar, dan persiapkan rancangan menu untuk sahur dan berbuka selama sebulan ke depan.

Selain lebih menghemat waktu, aktivitas ini juga dapat menghemat biaya perjalanan berbelanja yang sebelumnya dilakukan beberapa hari sekali.
 
2. Simpan bahan makanan dengan rapi

Cuci sayur dan buah, potong-potong daging dan ayam, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup untuk disimpan ke dalam lemari es. Pastikan kesegaran tetap terjaga, karena akan berpengaruh pada cita rasa dan kandungan vitamin dari bahan makanan tersebut.

3. Simpan sesuai jenis

Pastikan Anda menyimpan makanan sesuai jenisnya, agar bau tidak mudah tercampur. Misal, tempatkan ayam dan daging di area pembeku, sedangkan sayur dan buah di area pendingin. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya