Jelang Arus Mudik, Lion Group Siapkan Kursi Tambahan

Pesawat Batik Air.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, member of Lion Air Group akan mempersiapkan 20.150 kursi penerbangan tambahan (extra flight) selama masa angkutan Lebaran 2019 dan liburan mendatang khusus untuk layanan domestik.

Mudik Lebaran 2024, Lion Air Grup Prediksi Kenaikan Penumpang 10-20 Persen

Lion Air bersiap menyediakan tambahan 62 penerbangan (11.718 kursi), Batik Air 35 penerbangan (5.840 kursi), dan Wings Air 36 penerbangan (2.592 kursi).

“Lion Air Group akan menjalankan extra flight yang direncanakan efektif mulai 29 Mei – 20 Juli 2019. Periode tersebut dinilai sebagai musim puncak atau ramai (peak season) untuk arus mudik dan arus balik serta tren millennials traveling,” kata Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communication Strategic, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 10 Mei 2019.

Lion Group Mutasi Pimpinan Direksi Batik Air Buntut Pilot Tidur Saat Menerbangkan Pesawat

Ia menjelaskan, Lion Air Group fokus melayani jaringan ke destinasi populer berdasarkan tingginya permintaan jasa angkutan udara dan memproyeksikan pertumbuhan tahun ini setara dengan 10-15 persen dari total kapasitas operasional reguler (regular flight) maskapai.

“Dalam menentukan kota tujuan, Lion Air Group mempertimbangkan berdasarkan hasil analisis pasar untuk rute terbaik yang memiliki permintaan tinggi, frekuensi terbang serta jam operasional bandar udara keberangkatan dan kedatangan,” tuturnya.

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Danang menambahkan, dari sisi operasional, guna meningkatkan kualitas pelayanan, Lion Air Group memperkuat sumber daya manusia di bandar udara yang menjadi bagian extra flight.

“Setiap operasional Lion Air Group telah mengimplementasikan budaya keselamatan (safety culture) serta tetap mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first),” ujarnya.

Strategi pengaturan mekanisme operasi pesawat, Lion Air Group mempunyai utilisasi 8-9 jam per hari rata-rata enam pesawat menjalani perawatan berjadwal (schedule maintenance) serta rata-rata lima pesawat sebagai cadangan (standby).

“Untuk jenis pesawat yang dioperasikan akan menyesuaikan dengan peningkatan trafik pada season ini. Armada Lion Air Group sudah dibekali teknologi modern dan fitur-fitur yang memberikan kenyamanan setiap travelers ketika berada di kabin,” katanya.

Sementara itu, Lion Air mengoperasikan 66 Boeing 737-900ER (215 kelas ekonomi), 38 Boeing 737-800NG (189 kelas ekonomi), dan tiga Airbus 330-300 (440 kelas ekonomi).

Kekuatan jajaran Wings Air saat ini terdiri atas 45 ATR 72-600 dan 19 ATR 72-500 yang mengutamakan sebagai feeder. Sedangkan Batik Air mengandalkan 43 Airbus 320-200CEO (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi), enam Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi) serta delapan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi).

“Lion Air Group akan terus menjalankan koordinasi dan kerja sama yang baik antara Lion Air Group dengan regulator, pengelola bandar udara dan berbagai pihak dalam proses persiapan layanan penerbangan,” ujar Danang.

Sementara itu, bagi travelers yang akan membawa bagasi bisa melakukan pembelian voucher bagasi melalui agen perjalanan (agent travel)www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pembelian bagasi harga lebih hemat dapat dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket, ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya