Google Rilis Layanan Khusus Ramadan, Ada Fitur untuk Sahur

Layanan Google untuk Lebaran
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Google Indonesia memantau pada bulan Ramadan, penggunaan smartphone mengalami perubahan signifikan. Pengguna makin lengket dengan smartphone untuk mengakses informasi.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Perubahan perilaku ini berkaitan dengan momen bulan puasa yang mengubah kebiasaan pengguna. Untuk mendukung momen Ramadan, Google Indonesia menghadirkan beberapa fitur khusus. 

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami mengatakan, data perusahaan menunjukkan, ada peningkatan pencarian seputar jadwal buka puasa, jalur mudik, zakat fitrah hingga tempat buka puasa bersama. 

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

"Bulan Ramadan membuat kita mengubah rutinitas sehari-hari, baik dari mereka yang berpuasa maupun yang tidak. Perubahannya, masyarakat menjadi lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponsel, seperti pengganti jam makan siang," kata Veronica di Eastern Opulence Restaurant, Jakarta, Kamis 16 Mei 2019.

Untuk mendukungnya, Google menghadirkan beberapa fitur tambahan. Pertama, pada Google Search, apabila pengguna memasukkan kata kunci 'Ramadan', 'bulan Ramadan' dan 'puasa', maka mesin pencari akan otomatis menjadi pusat informasi perencanaan ibadah puasa sepanjang hari, seperti jadwal salat, ceramah hingga petunjuk arah kiblat. 

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Arah kiblat juga menjadi hal yang unik, karena kamera ponsel akan dibantu dengan teknologi augmented reality. Jadwal salat bisa dilihat dalam kurun waktu satu hari hingga 30 hari. Datanya diambil dari Kementerian Agama yang sudah disesuaikan dengan lokasi. 

Kemudian jika menggunakan Asisten Google, pengguna terbantu untuk bangun di sepertiga malam guna melaksanakan sahur. Caranya dengan masuk ke menu Asisten Google dan katakan, ‘Bangunin sahur jam tiga pagi,".

Setelah seharian menahan haus dan lapar, pengguna Android juga bisa memanfaatkan Google Maps untuk mencari tempat berbuka bersama keluarga, kerabat maupun sahabat. Untuk layanan ini, mereka bekerja sama dengan aplikasi Qraved. 

Ramadan juga tidak lepas dari momen mudik. Lewat layanan Google Maps, pengguna akan dibantu dalam pencarian rute terbaik, SPBU, rest area, posko mudik, dan posko kesehatan yang bekerja sama dengan pemerintah. Informasi dirangkum di Google Maps dan situs infomudik.go.id dalam menu Mudik bersama Google. 

Kemudian pada layanan Google Play akan ditampilkan rekomendasi aplikasi untuk menemani puasa hingga ngabuburit. Usai menjalani sebulan puasa, muslim akan merayakan momen Idul Fitri atau Hari Kemenangan. 

Ada beberapa orang yang tidak bisa berkumpul bersama keluarga karena memiliki kendala. Namun, Google memiliki layanan Google Duo yang dapat mengatasi rasa rindu antara keluarga, kerabat dan sahabat. Layanan panggilan video ini akan membantu mempererat tali silaturahmi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya