Deretan Negara dengan Durasi Puasa Terlama hingga Tersingkat

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • Pixabay/Serdar_A

VIVA – Puasa Ramadan dimulai dari terbitnya matahari dan berakhir ketika matahari terbenam. Indonesia yang berada dalam garis khatulistiwa, mayoritas warganya berpuasa selama 13 jam. Durasi berpuasa belasan jam itu kadang masih dirasa cukup berat. Tapi sebenarnya, kita masih beruntung dengan durasi puasa tersebut.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Ada beberapa negara di mana matahari bersinar lebih lama, bahkan matahari terbit nyaris 24 jam. Wah, kalau sudah begini, bisa dibilang kita berpuasa sehari penuh di negara tersebut.

Tapi, ada durasi puasa di beberapa negara yang terbilang singkat, hanya delapan jam saja!

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Mau tahu negara mana saja yang memiliki durasi puasa terpanjang hingga tersingkat, berikut daftarnya.

Finlandia

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Di Finlandia, matahari terbenam hanya sekitar 55 menit. Artinya, durasi berpuasa di sana sekitar 23 jam. Puasa dimulai dari jam 1 pagi hingga jam 12 dini hari. Hanya ada waktu sekitar satu jam saja untuk berbuka. Wah, ujian berat jika harus berpuasa di Finlandia.

Rusia

Dirangkum dari laman Gulfnews, salah satu negara dengan durasi puasa terpanjang adalah Rusia. Di sana, durasi berpuasa kurang lebih sekitar 20 jam. Pasalnya, matahari sudah mulai terbit sekitar jam 1 pagi dini hari, malam hari hanya berdurasi sekitar 3 jam saja.

Beberapa negara beruntung memiliki durasi puasa yang lebih singkat, lanjutkan membaca di sini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya