Siap Puasa, Ini Tips Sahur dan Berbuka Agar Fit di Tengah Wabah Corona

Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Tak lama lagi, umat muslim di tanah air akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, puasa Ramadhan tahun ini dirasa berbeda karena adanya pandemi COVID-19. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Dengan adanya pandemi COVID-19 ini di waktu ibadah puasa, membuat masyarakat harus ekstra memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur. Ini penting agar tubuh tetap fit dan prima selama menjalankan ibadah wajib ini.

Lalu makanan apa yang harus diperhatikan selama Ramdhan di tengah pandemi COVID-19? Dalan Kuliah Whatsapp atau Kulwap bersama dengan awak media, dokter spesialis gizi klink, Raissa E Djuanda menjelaskan penting bagi masyarakat untuk mengonsumsi makanan gizi seimbang saat sahur.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

"Penting untuk makan makanan gizi lengkap seimbang ada karbohidrat, protein, vitamin, mineralndan lemak," kata dia, Kamis 16 April 2020. 

Raissa juga menekankan kepada masyarakat untuk mencukupi kebutuhan protein harian yang dengan mudah bisa didapatkan seperti dari susu, hingga telur. Protein sendiri kata dia, penting untuk meningkatkan sistem imun seseorang, menjaga daya tahan tubuh dan menjaga masa otot. 

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Selain itu konsumsi makanan yang mengandung omega 3 asam lemak esensial yang diperlukan tubuh yang bisa didapatkan dari teri basah, ikan salmon, ikan tuna,  ikan sarden atau ikan lele.

Untuk sahur, Raissa juga menekankan pilih makanan yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Misalnya menu sahur untuk karbohidrat pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang, roti gandum, kemudian lauknya yang mengandung protein misalnya telur atau ikan, serta penuhi sayur dan buah. 

Untuk berbuka puasa disarankan untuk pilih makanan yang dapat menggantikan energi tubuh dengan cepat seperti kurma. Konsumsi 2-3 kurma saat berbuka, atau bisa dengan mengonsumsi sirup buah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya