Tips Aman Belanja Kebutuhan Ramadhan di Tengah Pandemi Virus Corona

Ilustrasi sayuran/belanja di supermarket.
Sumber :
  • Pixabay/evitaochel

VIVA – Ramadhan kali ini berbeda dari yang biasa kita lalui sebelumnya. Umat muslim di Indonesia harus menunaikan ibadah puasa sambil menjaga kesehatan dan keamanan di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 dengan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Bicara Ramadhan, kebutuhan pangan tentu saja harus diperhatikan betul. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi untuk menjaga kesehatan karena setiap hari harus berpuasa seharian.

PSBB bukan berarti Kamu tak bisa berbelanja kebutuhan pangan. Kamu tetap bisa berbelanja, tentunya dengan menaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Selain itu, ada pula beberapa tips yang akan membantu Kamu untuk tetap aman saat berbelanja kebutuhan Ramadhan di tengah pandemi virus corona ini.

Tips ini dibagikan langsung oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Yang pertama adalah selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Kemudian hindari menyentuh wajah Kamu, terutama mata, mulut dan hidung saat berbelanja.

"Jika memungkinkan, bersihkan pegangan troli atau keranjang sebelum mulai berbelanja," demikian tertulis di akun Instagram resmi WHO, dikutip VIVA, Kamis, 23 April 2020.

Setelah sampai di rumah, Kamu juga dilarang langsung bersantai atau memegang benda-benda. Cuci tangan terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Termasuk setelah membereskan dan menyimpan belanjaan.

"Saat ini tidak ada kasus COVID-19 yang ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan," tambah WHO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya