Bahaya Konsumsi Gorengan saat Berbuka Puasa

Gorengan.
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Bulan Ramadhan memberi kegembiraan tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia. Antusiasme di negara kita tercinta ini juga terlihat saat makanan khas yang cenderung dikonsumsi, seperti aneka gorengan yang lezat. Tapi ada bahaya di baliknya.

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Saat berpuasa, diungkapkan oleh dokter spesialis jantung, dr. Vito A. Damay Sp. JP(K), tubuh dalam kondisi hipoglikemia. Kondisi tersebut terjadi saat kadar gula darah sedang turun.

"Paling jelas ditandai dengan lemas. Nah, berbuka tujuannya cepat mengembalikan gula darah kita agar segar kembali," ungkap dokter sekaligus presenter itu saat dihubungi belum lama ini.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa 9 April 2024

Makan gorengan saat berbuka puasa tidak bisa dengan cepat mengembalikan gula darah tubuh. Selain itu, dampaknya membuat organ-organ saluran pencernaan 'kaget'.

"Tiba-tiba bekerja berat untuk mencerna lemak (berasal dari gorengan) yang masuk," kata dia.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Senin 8 April 2024

Dalam jangka panjang, lanjut Vito, jelas bahwa lemak dalam gorengan ini memberikan kalori yang berlebih dan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ujungnya adalah kegemukan dan kolesterol jahat yang menjadi awal penyakit jantung koroner yang berpotensi serangan jantung.

Kegemukan juga berkaitan dengan diabetes. Bahkan, akibat pola makan tersebut, kelompok usia 30 tahunan pun sudah lebih banyak mengalami kondisi prediabetes.

"Pilihan terbaik adalah gula sederhana, seperti misalnya pada kurma dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan minum air putih," jelas dokter Vito.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya