Bisa Bikin Gemuk, Begini Aturan Makan Bubur Kampiun untuk Berbuka

Bubur Kampiun
Sumber :
  • http://resepmasakanlengkap.blogspot.com

VIVA – Bubur kampiun merupakan makanan asal Sumatra yang khas untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan mengenyangkan membuat hidangan ini menjadi primadona di bulan Ramadhan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Tapi, tahukah kamu berapa kalori seporsi bubur kampiun dalam satu mangkuk?

Dikatakan spesialis gizi klinis, dr. Ida Gunawan SpGK., dalam bubur kampiun didominasi dengan sumber karbohidrat lalu protein, lemak dan serat. Dokter Ida memperkirakan bahwa satu porsi mangkuk sedang bubur kampiun sekitar 300-400 kalori.

Pentol Ayam Kriwil ala Chef Devina Hermawan: Takjil Buka Puasa yang Gurih dan Mudah Dibuat

"Ketan putih dan hitam mengandung karbohidrat sebesar 30gr. Ubi untuk biji salak karbohidratnya 10gr. Pisang kepok sekitar 5gr kalori, 3 sdm srikaya mengandung kuning telur protein 6gr lalu lemak dari 5sdm santan kental 75gr," ujar dr Ida dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Kamis 14 Mei 2020.

Menurutnya, semakin banyak santan yang dipakai, maka kalorinya akan semakin besar. Jika tidak mengatur kadar yang tepat dalam seporsi bubur kampiun, kalorinya bisa lebih tinggi.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

"Satu porsi makan besar sekitar 500 kalori. Kalau hanya sedikit santan, buat perasa, enggak masalah. Kalau santannya dibuat penuh seperti kuah, lalu dihabiskan, itu bahaya," terangnya.

Ia megingatkan bahwa pada dasarnya bubur kampiun hanya dijadikan sebagai makanan ringan karena nutrisinya yang tidak lengkap. Sehingga, dianjurkan hanya mengonsumsi setengah porsi saat berbuka puasa.

"Kalau makan bubur kampiun langsung 5 porsi, pasti berat badan naik. Makanya saat buka cukup makan setengah porsi di mangkuk. Kontrol juga pemakaian santannya," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya