Tentukan Lebaran Sabtu atau Minggu, Sidang Isbat Digelar Hari Ini

Ilustrasi pengamatan hilal Bulan Suci Ramadhan.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Untuk menentukan kapan jatuhnya Hari Lebaran atau Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah, hari ini, Jumat 22 Mei 2020, akan digelar Sidang Isbat.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Sidang Isbat ini akan disiarkan secara langsung di televisi nasional TVRI dan juga Live Streaming media sosial Kementrian Agama atau kemenag RI. 

Siaran langsung akan dimulai dengan paparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama pada pukul 16.45-17.45 WIB (akan disiarkan secara langsung).

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

"Dilanjutkan dengan Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama dan dihadiri unsur MUI, DPR RI, serta Pejabat Kementerian Agama. Adapun perwakilan Ormas Islam dapat mengikuti melalui webinar yang telah disiapkan pada pukul: 18.15 WIB. (sidang dilakukan secara tertutup)," tulis info Instagram Kemenag RI.

Terakhir, hasil sidang isbat akan diumumkan melalui Telekonfrensi Pers Sidang isbat Awal Syawal 1441H/220Mpada pukul: 19.05-selesai (akan disiarkan secara langsung).

Siap-siap Lebaran! Hilal 1 Syawal 1445 H Diprediksi Bisa Dilihat di Indonesia

"Adapun siaran langsung dapat diakses melalui: 1. TVRI (TV pool) 2. Youtube Kemenag RI https://www.youtube.com/c/KementerianAgamaPusat ?3. Fanpage Kemenag RI https://www.facebook.com/KementerianAgamaRI/live/," tulis info Instagram. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024