Penderita Asam Urat dan Asam Lambung Perlu Perhatikan Ini Saat Sahur

Ilustrasi menu sahur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam beberapa pekan ke depan umat muslim di seluruh dunia akan  menyambut ramadhan. Di bulan penuh berkah ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. 

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Menjelang bulan ramadan sejumlah persiapan pun dilakukan termasuk bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan. Penting bagi mereka menghindari sejumlah makanan saat sahur agar dapat menjalankan puasa dengan nyaman. 

Ketua Riset Medis Naked Press Juice, dr. Benny Parulian menjelaskan, untuk masyarakat yang memiliki riwayat asam urat disarankan untuk menghindari konsumsi pare dan asparagus. Hal ini lantaran kedua makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan risiko meningkatnya asam urat. 

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

"Masalah asam urat sebaiknya hindari pare, dan asparagus karena keduanya cukup meningkatkan kerja ginjal akhirnya sampai asam urat meningkat. Selain itu ga ada," kata dia dalam virtual conference peluncuran Nakedpress sahur, Selasa 30 Maret 2021.

Di sisi lain untuk penderita maag atau gerd dijelaskan Benny tidak ada jenis sayur atau makanan yang perlu dihindari ketika bersantap sahur. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

"Kalau setelah makan sayur saat sahur terasa kembung, itu bukan maag. Tapi ada produksi gas di usus besar. Sayur tadi memproduksi gas untuk seimbangkan usus karena pola sebelumnya sehingga sedikit produksi gas dikit," kata dia. 

Benny juga menjelaskan bahwa masyarakat perlu mengetahui apakah gejala yang ditunjukkan seperti mual atau kembung pertanda ada gangguan pada asam lambung.

Jika terasa sakit di area ulu hati di bagian atas sebelah kiri berarti menandakan masalah asam lambung. Sedangkan jika terasa kurang nyaman di area perut tengah sekitar pusar atau perut bagian bawah menandakan produksi gas yang berlebih.

"Kalau bergas tinggal dorong dengan air mineral 1-3 gelas. Ini akan membantu melarutkan asam lambung," ujar Benny.

Benny juga memberikan tips mengatasi masalah lambung agar terkendali selama puasa. Salah satunya dengan mengonsumsi air kelapa. 

"Atasi dengan air buah seperti air semangka, air melon atau air kelapa," kata Benny.  

Untuk diketahui dalam rangka menyambut ramadan, NakedPress Juice menghadirkan Paket Sahur dan Paket Sahur Buka. Paket Sahur ini hadir untuk konsumsi dua hari dengan kandungan 17 superfood yang mudah diserap karena segar dan dalam bentuk cairan. Setiap “Paket Sahur” terdiri dari 2 Mini Green Fairy, 2 Silk, dan 2 Kurma Seed Granola.

“Kriteria Paket Sahur kami cukup banyak enak, praktis, nutrisi sayur buah minimal 500 gram, dan memberi kenyang lebih lama,” tutur founder nakedpress, Dewi Kusuma.

Untuk membantu masalah hormon (maag GERD, PCOS, menstruasi, promil, autoimun), pihaknya juga menghadirkan “Paket Sahur Buka”, selama seharian puasa makanan lain dan hanya konsumsi 6 botol jus dan 2 Kurma Seed Granola dari nakedpress.

“Paket Sahur” akan mulai dijual pada5 April 2021 dan “Paket Sahur Buka” pada 12 April 2021. Semua produk nakedpress bisa dibeli melalui website www.nakedpress.co, WhatsApp 0817762533, dan gerai di Kota Kasablanka dan Neo Soho. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya