Bahan Makanan yang Bisa Dijadikan Stok Saat Ramadan

Telur ayam
Sumber :
  • Freepik/4045

VIVA – Dua pekan lagi, umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa ramadan. Menyambut ramadan sejumlah persiapan perlu dilakukan salah satunya mempersiapkan bahan makanan

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Penting bagi ibu rumah tangga untuk mulai menyetok berbagai bahan makanan. Ini penting untuk membantu ibu untuk mempersiapkan hidangan spesial. Ini penting mengingat umumnya pada  awal ramadan terbilang heatic untuk mempersiapkan hidangan berbuka dan sahur. Berikut ini beberapa bahan makanan yang wajib dipersiapkan.

1. Frozen food

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Photo :
  • Pixabay

Frozen food seperti nugget menjadi salah satu bahan makanan yang wajib dibeli oleh masyarakat dalam menghadapi bulan puasa. Nugget bisa menjadi pilihan yang praktis untuk menu sahur. Lebih-lebih jika Anda di awal puasa sedikit terlambat bangun untuk sahur. Selain nugget, Anda juga bisa membeli rollade untuk menjadi suguhan menu sahur Anda. 

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

2. Ayam 

Ayam menjadi menu yang wajib hadir di meja makan Anda. Tetapi jika berbicara ayam mentah mungkin agak sedikit "ribet" untuk memasaknya khususnya saat sahur di bulan ramadan.

Sebagai alternatif tanpa ribet untuk memasak ayam di bulan Ramadan, Anda bisa mencari ayam yang telah dibumbui dan langsung digoreng. Anda bisa mencari ayam ungkep ini di pasar tradisional atau bisa membuat request kepada penjual ayam keliling.

3. Bumbu 

Photo :
  • U-Report

Bumbu menjadi bahan makanan yang wajib ada dalam setiap masakan. Nah untuk bumbu sendiri sebaiknya Anda sudah mulai membeli beberapa bumbu seperti bumbu putih dan bumbu merah giling yang bisa ditemukan di pasar tradisional.

Bumbu ini bisa membantu Anda mempersingkat waktu memasak baik untuk menyiapkan hidangan berbuka maupun hidangan sahur. 

Selain itu, jangan lupa untuk membeli beberapa bumbu jadi kering kemasan seperti bumbu sayur sop, bumbu sayur asam, bumbu sayur lodeh, bumbu ikan goreng, bumbu nasi goreng hingga bumbu ayam goreng. 

4. Mi dan telur

Photo :
  • Freepik/freepik

Dua jenis bahan makanan ini wajib masuk dalam daftar yang harus dibeli untuk bulan puasa. Seperti halnya nugget, mi dan telur juga bisa menjadi pilihan yang praktis untuk menu sahur terutama jika Anda telat bangun.

Anda bisa menyuguhkan mi godog atau mi goreng yang dicampur dengan telur. Atau disajikan terpisah dengan telur dadar atau telur kocok. 

5. Tepung

Tepung juga menjadi bahan wajib dibeli untuk persiapan bulan ramadan. Jika berbicara ramadan tentu erat kaitannya dengan gorengan. Dengan tepung Anda bisa membuat sajian bakwan goreng, tempe mendoan hingga tahu isi sebagai menu takjil. Bukan hanya gorengan, dengan tepung Anda juga bisa menyuguhkan sajian bubur sumsum sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya