Biar Gak Lemas Puasa, Ini Ide Seru Aktivitas Ramadan Buat Si Kecil

Ilustrasi anak main
Sumber :
  • pexels

VIVA – Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Di bulan tersebut, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Nah bagi orang dewasa, berpuasa mungkin masih bisa dijalani dengan baik, tapi, bagaimana dengan si kecil yang baru belajar untuk menjalankan ibadah puasa?

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Terkadang, rasa lemas karena menahan lapar dan haus membuat anak-anak tidak semangat beraktivitas saat puasa. Untuk itu, ayah dan bunda perlu pandai-pandai memberikan semangat untuk buah hati agar kuat menjalani puasa dari azan Subuh hingga bedug Maghrib. Daripada membiarkan buah hati diam dan berbaring lemah, ajak mereka menjalani aktivitas seru.

Tidak hanya berguna mengisi waktu, mereka juga bisa lebih memaknai ibadah puasa mereka. Berikut ini daftar aktivitas seru Ramadan yang bisa dilakukan bersama buah hati, seperti dikutip dari laman Modest Munchies.

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Siapkan makanan dan buat prakarya

Anda bisa melibatkan buah hati dalam menyiapkan makanan berbuka dan sahur, buat kerajinan Ramadan seperti poster, kalender, kartu ucapan, atau kerajinan tangan yang berbau Ramadan lainnya. Selain itu, ajak mereka membuat bingkisan Ramadan dan membagikannya kepada tetangga atau teman-temannya.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Anda juga bisa memasak menu tradisi Ramadan di keluarga dengan versi anak-anak, seperti membuat potongan yang lucu, menurunkan tingkat kepedasan, hingga menyajikannya dalam porsi anak-anak. Atau Anda bisa membaca cerita-cerita di dalam Al Quran.

Aktivitas lainnya, buat sebuah kotak lucu, kemudian minta buah hati Anda mengisinya dengan koin setiap usai berpuasa. Anda juga bisa mendorong mereka melakukan ibadah-ibadah sunnah atau buat daftar ibadah sunnah yang harus dicapai dan buat mereka mencapainya setiap hari.

Selanjutnya, buat kotak makan berbuka dan jika buah hati Anda baru memulai puasa, cara ini bisa memotivasinya berpuasa hingga waktu berbuka. Melibatkan buah hati ketika mengemas paket yang akan diberikan kepada mereka yang kurang beruntung, dengan memberikan tugas-tugas mudah yang membuatnya senang melakukannya dan terdorong untuk melakukannya lagi juga bisa menjadi pilihan.

Anda pun bisa membuat jurnal atau scrapbook Ramadan. Ini juga bisa menjadi cara bagi Anda dan buah hati mengontrol setiap Ramadan, sejauh mana buah hati Anda mengalami kemajuan dan apa saja yang sudah berhasil dicapainya.

Hal lainnya dan jika memungkinkan, ajak buah hati berbuka di masjid, ajak mereka membuat kue lebaran dengan bentuk-bentuk lucu, membaca buku cerita Ramadan atau Idul Fitri bersama. Di samping itu, ajak mereka untuk membaca dan mempelajari Al Quran serta melantunkan surat Al Quran di rumah, yang sudah dikenal buah hati Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya