Contoh Artikel Ilmiah

Ilustrasi Penulisan Artikel Ilmiah
Sumber :
  • vstory

VIVA – Contoh Artikel Ilmiah. Istilah artikel merujuk pada berbagai tulisan didalam blog ataupun website. Maka, hampir setiap hari kita selalu membaca sebuah artikel dengan berbagai tema baik itu pendidikan, kesehatan, ilmiah dan lain-lain.

Top Trending: Sosok Noni Belanda Jadi Anggota TNI sampai Polisi Beri Mahar Emas Palsu

Sebuah artikel biasanya ditulis oleh seseorang dengan berbagai metode seperti mengarang tulisan, menggabungkan berbagai kata menjadi kalimat yang menarik dan juga membuat tulisan yang bertujuan memberikan informasi yang dituliskan kepada pembaca.

Sekarang ini, artikel sudah sangat sering didengar oleh berbagai kalangan terutama yang berprofesi penulis. Berbagai artikel tidak hanya ditemui di Internet, tetapi juga dapat ditemukan melalui berbagai media seperti majalah, koran, buletin dan lain sebagainya. Dimana artikel merupakan karangan faktual yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan atau fakta, informasi ilmiah, berita yang menghibur dan informasi yang mendidik.

Keren, Jurnal Ahkam UIN Jakarta Masuk 100 Jurnal Terbaik Dunia

Sebuah berita juga sering disebut dengan istilah artikel, namun tidak semua bentuk penulisan yang terdapat dalam berita adalah artikel. Penulisan artikel biasanya memakai gaya Bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Isi yang disampaikan dalam suatu artikel bisa bermacam-macam disesuaikan dengan topik.

Beberapa contoh isi artikel yang sering dibahas yaitu, tentang Informasi sejarah, Hasil penelitian, Argumentasi / isu tertentu, Petualangan seseorang dan Tutorial atau bimbingan.
Untuk menambah pengetahuan Anda tentang pengertian artikel, model penulisan, kriteria dan berbagai contoh artikel mari kita lihat ulasan berikut.

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Daftar Isi [hide]

Pengertian Artikel Ilmiah

Ciri-ciri Artikel yang Baik dan Benar

Syarat-Syarat Artikel Ilmiah

Model-Model Penulisan Artikel Ilmiah

1. Model Penulisan Populer

2. Model Penulisan Ilmiah

3. Model Penulisan Ilmiah Populer

Jenis dan Cara Penulisan Artikel Ilmiah

1. Argumentasi

2. Deskripsi

3. Eksposisi

4. Persuasi

5. Narasi

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah

1. Contoh Penulisan Artikel Ilmiah Kesehatan

2. Contoh Tulisan Ilmiah Pendidikan

3. Contoh Artikel Ilmiah Populer

Pengertian Artikel Ilmiah

Pengertian artikel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu karya tulis yang dibuat secara lengkap, seperti esai pada majalah atau laporan surat kabar. Sedangkan menurut beberapa ahli seperti Rillan E. Wolseley, artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan, dimana tujuannya untuk menyampaikan gagasan maupun fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, ataupun menghibur.

Dan menurut ahli lain yaitu , Al aqli pengertian artikel adalah karya tulis yang dibuat oleh setiap disiplin ilmu serta masing-masing pembahasan tersebut dikaji dan juga diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas sehingga pembaca dapat mengambil inti sarinya.

Ciri-ciri Artikel yang Baik dan Benar

Artikel mempunyai beberapa ciri-ciri yaitu sebagai berikut :

  • Mempunyai isi yang bersumber pada fakta serta bukan hanya sekedar realita.
  • Artikel berisi karya tulis yang padat, singkat dan jelas.
  • Merupakan hasil tulisan yang original.
  • Bersifat fakta yakni mengungkapkan dengan berbagai data yang diketahui oleh penulis.
  • Berisi karangan tulisan sesuai dengan fakta yang diperoleh dari objek ataupun narasumber bukan hanya hasil pemikiran penulis.
  • Berisi artikel pemaparan tentang biografi seorang tokoh, peristiwa, hasil penelitan dan lain sebagainya.
  • Artikel adalah suatu tulisan yang berupa sebuah gagasan yang biasanya berbicara tentang kebutuhan para pembaca.

Syarat-Syarat Artikel Ilmiah

Dalam penulisan sebuah artikel ada beberapa syarat khusus agar tidak dibuat dengan sembarangan dan bisa menjadi sebuah karya yang baik dan mudah dipahami pembaca. Berikut adalah beberapa syarat artikel yang perlu Anda ketahui.

  • Bahasa yang dipakai di dalam artikel disesuaikan dengan model artikel yang ditulis.
  • Tulisan di dalam artikel harus benar-benar orisinal karya sendiri.
  • Pada umumnya suatu topik yang diangkat di dalam suatu artikel tersebut adalah suatu respon atas sebuah peristiwa yang terjadi.
  • Ide yang terdapat di dalam artikel adalah ide dari penulis ataupun mengambil referensi dan rujukan dari buku, jurnal, koran serta media internet.
  • Penulisan artikel tidaklah terikat oleh waktu, gaya bahasa, bentuk berita, dan teknik penulisan yang lain serta gaya penulisan, aktualitas dan juga panjang pendek sebuah artikel perlu untuk diperhatikan.

Model-Model Penulisan Artikel Ilmiah

Artikel juga memiliki berbagai macam model penulisan yang berbeda-beda yang perlu diketahui yaitu sebagai berikut :

1. Model Penulisan Populer

Model penulisan artikel yang pertama adalah model penulisan populer dimana di dalam artikel ini biasanya menggunakan tulisan yang sifatnya ringan, hiburan dan tidak rumit. Adapun untuk bahasa yang dipakai umumnya adalah bahasa yang bebas yang seperti biasanya digunakan pada majalah atau koran.

2. Model Penulisan Ilmiah

Selanjutnya adalah model penulisan ilmiah yang di dalamnya memakai tulisan bahasa baku dan resmi serta memperhatikan ejaan yang paling tepat. Juga memakai perihal penulisan yang juga disahkan secara hukum serta model penulisan artikel satu ini memang cenderung sulit dan membutuhkan pembelajaran khusus.

3. Model Penulisan Ilmiah Populer

Untuk model penulisan selanjutnya adalah model penulisan artikel ilmiah populer. Model penulisan satu ini merupakan perpaduan antara model ilmiah dan juga populer, yang biasanya ditujukan kepada masyarakat umum atau kalangan luas.

Jenis dan Cara Penulisan Artikel Ilmiah

Dalam menulis sebuah artikel, terdapat beberapa cara penulisan antara lain :

1. Argumentasi

Merupakan karya tulis yang memiliki tujuan guna membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan fakta sebagai alasan atau bukti. Penulis mengharapkan adanya kebenaran berpendapat dari para pembaca yang terdiri dari unsur data, opini, dan fakta.

2. Deskripsi

Karangan ini mengandung gambaran mengenai sebuah hal sehingga pembaca seolah-olah mendengar, merasakan, atau melihat keadaan tersebut yang berupa fakta dan fiksi.

3. Eksposisi

Merupakan karya tulis yang berisi tentang penjelasan mengenai topik yang bertujuan guna memberi pengetahuan tambahan untuk para pembaca yang dilengkapi dengan adanya gambar, grafik, dan sebagainya.

4. Persuasi

Persuasi merupakan jenis artikel yang merupakan karya tulis dengan tujuan untuk mempengaruhi para pembaca untuk bertindak atau melakukan tindakan tertentu. Tindakan tersebut misalnya seperti mengharapkan sikap dan perbuatan motorik yang biasa akan dilakukan oleh para pembaca sesuai dengan adanya anjuran dari penulis dalam tulisan tersebut.

5. Narasi

Jenis artikel berupa narasi adalah karya tulis seperti layaknya sebuah cerita fiksi atau fakta dari pengalaman penulis. Pada jenis artikel yang satu ini biasanya akan terdapat sebuah peristiwa atau kejadian dalam setiap urutan waktu. Yang mana kejadian tersebut akan menampilkan seorang tokoh untuk menghadapi suatu konflik.

Pemilihan kata dan bahasa penulisan artikel harus menggunakan Bahasa yang umum agar mudah dipahami dan dimengerti tentang ilmu atau masalah yang dibicarakan. Artikel terdiri atas pendahuluan, isi dan penutup. Sistematika penyusunannya tidak diatur seperti pada buku ataupun skripsi, yaitu sistematika dari penulisan artikel tidak ditandai adanya pembagian bab, namun hanya ditandai dengan adanya peralihan paragraf.

Disamping itu, Artikel juga memiliki beberapa jenis yang dapat dipelajari antara lain sebagai berikut :

1. Artikel Prediktif, adalah artikel yang isinya mengenai hal yang sifatnya belum atau akan terjadi sesuai dengan analisa penulis.

2. Artikel Eksploratif, adalah artikel yang mengandung ungkapan dari berbagai fakta yang sesuai dengan sudut pandang dari penulis.

3. Artikel Deskriptif, adalah artikel yang disusun guna menggambarkan suatu masalah atau konflik yang terjadi dalam kehidupan.

4. Artikel Eksplanatif, adalah artikel yang isinya mengenai penjelasan suatu hal kepada para pembaca dengan menurut sudut pandang penulis yang bertujuan memaparkan sekaligus membahas atau mengkaji satu masalah sehingga pembaca mengetahui serta memahaminya secara detail.

Artikel ilmiah merupakan artikel berjenis deskriptif yang menjelaskan topik-topik secara lengkap dan detail. Artikel ilmiah biasa diterbitkan di sebuah jurnal ilmiah yang tersusun secara sistematis, sesuai fakta, dan masuk akal atau rasional. Mulai dari contoh artikel di koran, contoh artikel ilmiah pendidikan, artikel ilmiah pendidikan, artikel ilmiah kesehatan dan lain-lain.

1. Contoh Penulisan Artikel Ilmiah Kesehatan

Perlu untuk diketahui bahwa pengertian dari artikel ilmiah kesehatan merupakan sebuah karya ilmiah yang berbentuk artikel khusus mengenai bahasan seputar kesehatan. Artikel ilmiah kesehatan juga merupakan suatu karya ilmiah yang sudah teruji dan juga dapat dihasilkan referensi bagi pembaca untuk mencari sumber seputar kesehatan. Berikut contoh artikel ilmiah kesehatan.

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Setiap orang sudah pasti kenal dengan makanan cepat saji bernama mie instan Kecuali mudah diperoleh, variasi makanan yang satu ini juga mempunyai rasa yang sedap.Hanya saja, dibalik sifat praktis dan rasanya yang sangat sedap, mie instan juga mempunyai sejumlah resiko.

Menurut sejumlah hasil penelitian, Terlalu kerap mengonsumsi mie instan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada beberapa kasus orang yang mengkonsumsi mie instan berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Sekiranya Anda umumnya mengonsumsi mie instan tiap-tiap hari, mulailah untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2hingga 3 hari dan lakukan sampai Anda terbebas dari mie instan sama sekali. Menurut penelitian rupanya didalam mie instan terdapat kandungan lilin yang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia.

Mie instan mengandung kandungan lilin yang berguna untuk membuat mie tak lengket satu dengan lainnya. Dengan seringnya kita mengonsumsi mie instan berarti kita juga sudah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Dengan seringnya kita mengonsumsi mie instan berarti kita juga sudah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Kandungan lilin tersebut akan merusak metode kerja pencernaan dalam tubuh karena baru dapat dicerna oleh tubuh dalam waktu minimal 2 hari.

PEMBAHASAN I

Disamping kandungan zat lilin, di dalam mie instan juga terdapat natrium yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. Dan jika kiranya dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang cukup lama, kandungan natrium ini tentu secara signifikan dapat memunculkan penyakit di atas.

Dan kiranya hal ini didasari oleh karena kandungan natrium yang bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung Anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak supaya dapat mencerna makanan. Mie instan juga rupanya memiliki kandungan zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti MSG dan penambah rasa.

Sekiranya Anda masih mau mengonsumsi mie instan namun mau tetap sehat Anda semestinya melaksanakannya cocok rekomendasi penyajian, dan jangan memasak bumbu mie instan secara bersamaan mienya, karena jika bumbu mie instan anda masak di atas suhu 120 derajat celcius dapat memicu terjadinya sel kanker.

2. Contoh Tulisan Ilmiah Pendidikan

Artikel ilmiah pendidikan bertujuan untuk membahas informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia. Karya tulis ilmiah yang membahas seputar pendidikan didalam isinya menjabarkan dengan lengkap tentang penjelasan kepada pembaca yang diambil dari sumber yang jelas.

Ciri-ciri Tulisan Ilmiah Pendidikan :

  • Mempunyai isi yang membahas seputar dunia pendidikan seperti pengajaran atau yang dapat dibuat diambil makna pembelajarannya.
  • Tulisan ilmiah pendidikan mempunyai bahasa yang mudah di paham dan juga lengkap.
  • Memberikan dampak yang besar karena artikel pendidikan dapat diberikan hal-hal terkait pelajaran-pelajaran yang bermanfaat untuk dunia pendidikan.

Berikut contoh artikel ilmiah pendidikan.

PENDIDIKAN SANGAT BERPENGARUH TERHADAP
PENINGKATAN KUALITAS HIDUP SUKU ANAK DALAM

ABSTRAK

Sebuah tulisan sangat penting bagi setiap makhluk hidup di dunia salah satunya yaitu kita sebagai manusia. Karena manusia sebagai makhluk hidup yang memiliki nalar dan pikiran untuk meningkatkan kesejahteraan manusia itu sendiri. Tulisan dapat mensupport kehidupan seseorang maupun kategori orang.

Di dalam sebuah pemikiran secara universal suatu pendidikan dan pengajaran terhadap setiap manusia sangat penting tidak terkecuali bagi suku anak dalam. Suku anak dalam sangatlah membutuhkan pengajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya dalam menjalani kehidupan.

Terkait pembelajaran tentang analisis data yang dilakukan secara literatur ditemukan sebagai persoalan mengenai minimnya pengajaran di tingkat suku anak dalam. Dari hasil analisis tersebut di harapkan supaya pemerintah dapat menciptakan pengajaran yang mengarah terhadap pengaplikasian pengajaran di daerah pelosok suku anak dalam.

PENDAHULUAN

Negara Indonesia sangat kaya dengan tradisi dan banyak sekali etnik memiliki kebiasaan dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Para suku di Indonesia bertempat tinggal dipelosok-pelosok dan terpinggirkan dari kehidupan kota modern. Mereka hidup di antara rerimbunan pohon-pohon besar, Sehingga mereka kerap disebut Orang Rimba.

Disamping itu juga para etnik suku-suku memiliki kebiasaan leluhur yang sangat banyak dan unik. Mereka juga mempunyai sebagian keterbatasan salah satunya pengajaran yang minim. Kurangnya penerapan dan pengaplikasian pengajaran di pelosok ini memungkinkan terjadinya kesenjangan pengajaran sehingga memunculkan tertinggalnya Orang Rimba dalam dunia pengajaran.

Karya Tulisan adalah salah satu komponen dari hak asasi manusia yang semestinya terpenuhi. Selain menjadi komponen dari hak asasi manusia, pengajaran juga yaitu salah satu elemen penting dimana suatu kesuksesan dan kemajuan Negara di ukur oleh seperti apa pengajaran di Negara tersebut.

Oleh karena itu tiap-tiap warga negara Indonesia mempunyai hak untuk memperoleh kans belajar sebaik-baiknya dengan didorong oleh sarana dan prasarana yang cocok. Sehingga dimanapun mereka berada semestinya dapat dijangkau oleh fasilitas pengajaran yang cocok sebagai hak-hak asasi bagi mereka.

Tulisan yaitu pengetahuan yang semestinya dimiliki oleh tiap-tiap orang karena, pengajaran yaitu modal utama manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Sebuah Karya Tulisan juga dapat memberikan kesejahteraan bagi manusia dalam segi kehidupan saat ini maupun masa depannya.

Selain itu juga kehidupan suku anak dalam bertumpu pada banyak hal. Salah satunya yaitu pendidikan dan pengajaran yang cocok di dapatkan seperti apa yang manusia lain umumnya dapatkan.

Lanjutan Karya Tentang Pendidikan

Sebagai contoh pada era modernisasi sekarang ini para suku anak dalam seperti terpinggirkan. Dalam hal pengajaran tak hanya dipikirkan oleh pemerintah saja yang harus bergerak namun sesama manusia juga semestinya saling menolong menyangkut kesejahteraan bersama. Dalam kehidupan sehari-hari kita perlu mengetahui pengetahuan tentang tata tertib dari dewa yang menguasai alam ikut memberi pengaruh pola hidup Orang Rimba, terpenting dalam mengelola alam sekitar.

Orang Rimba sangat menghargai dan terikat dengan lingkungan sekitar (hutan), dimana mereka makan juga minum dari apa yang disediakan di hutan. Bagi Orang Rimba, hutan yaitu komponen dari hidup mereka yang semestinya di lindungi serta orang rimba juga mempunyai motto “hutan yaitu kehidupan dan kehidupan yaitu hutan”. Keduanya berjalan seiring dan mereka tak pernah mengharapkan untuk hidup diluar hutan karena hutan dirasakan sudah cukup memenuhi kebutuhan hidup mereka (Lucky Ayu Wulandari, 2009).

Selain itu dilihat dari kehidupan mereka yang sangat bertumpu pada alam mereka juga semestinya di berikan pengajaran yang cocok. Untuk menerima kehidupan yang sejahtera, mereka juga memakai pengajaran mereka sanggup menjaga keseimbangan ekosistem di alam. Dan juga mereka dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sangat bertumpu pada ekosistem alam. Dimana alam harus dijaga supaya tidak punah dan dapat hidup selayaknya masyarakat modern zaman sekarang.

Dengan begitu mereka ridak merasa terpinggirkan. Peran pemerintah dan masyarakat dalam membantu memberikan pelajaran dan pendidikan di pelosok suku anak dalam sangatlah dibutuhkan.

TUJUAN

Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk menggunakan, mengoptimalkan, dan memperkenalkan seputar dunia pengajaran dikalangan pelosok suku pedalaman. Kecuali, pengajaran sangat penting untuk mereka di masa kini dan dimasa yang akan datang, pengajaran mempunyai sifatnya kongkret dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping itu dengan berkembangnya dunia pengajaran di kalangan suku anak dalam, mereka dapat meminimalisir degredasi ekosistem di hutan dengan bekal pelajaran yang diberi. Mengajak segala warga masyarakat untuk mempunyai bekal pengajaran yang cocok sehingga segala mayarakat dapat menjaga hidup dan hidup sejahtera terbebas dari kesenjangan pengajaran yang memunculkan kesenjangan hidup.

METODE LITERATUR

Didalam melakukan analisis terkait persoalan artikel ilmiah, penulis menggunakan metode literatur. Penulis menggunakan beraneka variasi sumber pustaka dan data sensus internet yang membeberkan seputar minimnya pengajaran di pelosok-pelosok terpenting suku anak dalam. Untuk memperoleh data/isu penulis mengolah data dari beraneka variasi sumber isu iternet. Berbagai macam variasi dan sumber rujukan yang tersedia menciptakan penulisan artikel ilmiah ini berjalan dengan baik.

PEMBAHASAN

Negara Indonesia merupakan negara dengan ribuan suku bangsa, dimana masing-masing daerah saling memberi pengaruh dan diberi pengaruh oleh kebu dayaan daerah lain atau kebudayaan yang berasal dari luar. Salah satu kebudayaan tersebut yaitu Suku Anak Dalam yang bertempat tinggal didaerah Jambi dan Sumatera Selatan.

Suku Anak Dalam belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia karena sudah sangat langka. Mereka tinggal di daerah terpencil yang jauh dari jangkauan orang, mereka sering disebut sebagai Orang Rimba.
Menurut kebiasaan verbal suku Pendidikan Dalam yaitu orang Malau sesat yang lari ke hutan rimba disekitar Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duapuluh. Mereka kemudian dinamakan Moyang Segayo. Buah kemasyarakatan mereka , hidup mereka secara nomaden atau tak menetap dan mendasarkan hidupnya pada berburu dan meramu, sedangkan diantara mereka sudah banyak yang sudah mempunyai lahan karet maupun pertanian lanilla.

PEMBAHASAN II

Orang Rimba yaitu sebutan lain untuk Suku Anak Dalam yang tinggal di pedalaman rimba. Penggunaan Istilah Orang Rimba sendiri dianggap sebagai masyarakat yang lebih cocok dengan kehidupan mereka yang tinggal di rimba dan “tak mau” keluar dari hutan.

Ketidakmauan mereka keluar dari hutan ini terkait erat dengan dunia mereka yang menganggap bahwa hutan yaitu daerah hidup dan rumah mereka sejak dulu (Butet Manurung, 2007).

Kawasan ini mayoritas Orang Rimba menghuni tiga daerah terpisah disekitar Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) Provinsi Jambi, yaitu sekitar TNBD 30, TNBD 12 (Keduanya di wilayah utara Jambi) dan sepanjang jalan lintas Sumatra (Metode Selatan Jambi).

Wilayah ini diyakini Orang Rimba sebagai daerah tempat tinggal leluhur mereka. Diwilayah ini kini sedang digalakan program konversi hutan, salah satunya untuk melindungi keberadaan Orang Rimba (Lucky Ayu Wulandari, 2009).

PEMBAHANSAN III

Suka Anak dalam hidup secara nomaden dan semi nomaden (ada yang bermigrasi atau pindah) dalam hutan yang luas. Didaerah mereka juga dianggap hidup bersama para dewa, jin dan setan mereka juga ikut tinggal di kolong yang sama.

Mereka mencukupi kebutuhan hidup dari hasil alam. Alam bagi mereka adalah segalanya, dan memberikan gambaran tentang ilustrasi kehidupan manusia di zaman berburu ratusan malah ribuan tahun lalu. Sistem barter atau bertukar barang juga masih tetap mewarnai kehidupan ekonomi Orang Rimba ini.

Walau sesekali mereka berjualan hasil hutan di desa-desa pinggir hutan, dan menerima sedikit uang. Teladan Se-kuno apa saja manusia peninggalan pra-sejarah ini. Kita semestinya menyadarinya, bahwa mereka tetap komponen dari keluarga besar rakyat dan bangsa Indonesia (Butet Manurung, 2007).

Orang Rimba tidak mengetahui baca tulis dan tidak bisa berhitung tak luput dari beratnya cobaan hidup. Mereka sangat mencintai hutan, menyayangi dan merawat peninggalan leluhur tersebut. Sudah pernah tahu, bahwa manusia yang hidup dalam dimensi waktu yang berbeda di pinggir hutan. Sebab merusak alam dan hutan mereka.

Hutan yaitu rumah dan sumber penghidupan orang rimba, bagi mereka bumi menyediakan makanan cukup untuk kebutuhan tiap-tiap orang. Selain itu pula, mereka menyatu dengan hutan dalam tatanan kearifan lokal.

Ironisnya, wilayah hutan yang menjadi permukiman orang rimba secara turun-temurun dibolehkan dibabat. Dimana negara kita berada pada satu sisi yang lebih mengutamakan penanam modal, namun pada sisi lain membiarkan kesadaran orang rimba terpinggirkan. Dan malah tercerabut dari akar tradisinya pembabatan hutan yang sungguh ironis dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

PEMBAHASAN IV

Tidak jujur dikatakan bahwa perlindungan terhadap orang rimba di negeri ini hanya cantik di atas kertas, namun miskin, sangat miskin, dalam implementasi. Sebagai figur, via Keputusan Presiden Nomor 111 Tahun 1999, sebutan suku terasing diubah menjadi kelompok sosial adat terpencil.

Tidak hanya itu, penerang tersurat dalam sejumlah tata tertib positif seputar pengakuan dari pemerintah akan keberadaan kelompok sosial adat terpencil, termasuk pengakuan atas hak sosial dan ekonomi. Juga pengakuan terhadap perlindungan kebiasaan dan adat istiadat dari kelompok sosial yang hidup terpencil.

Pengakuan dan perlindungan bagi suku-suku terpencil di Indonesia terdapat dari mulai undang-undang agraria sampai dengan undang-undang tata ruang.

Orang Rimba yang lugu dan polos itu dapat bertahan hidup didalam hutan, berburu dan mencintai alam serta humanisme. Pada awalnya para masyarakat Suku Anak Dalam cenderung mempunyai pandangan atau persepsi negatif terhadap pengajaran formal.

Fenomena tersebut terkait dengan ajaran dari orang tua, temenggung (kepala suku), dan malah nenekmoyang mereka yang mengasumsikan bahwa pengajaran yang diterima darisekolah bukanlah sebuah kegiatan yang semestinya untuk dilakukan.

Alasannya,dengan mengikuti kegiatan belajar di sekolah, karenanya waktu mereka untukmelakukan kegiatan seperti berhutan menjadi tersisihkan, sehingga label yangkemudian timbul yaitu mereka akan meninggal karena tak dapat memenuhikebutuhan hidup mereka dari berhutan. Tulisan formal atau menimba ilmu yaitu salah satu fenomena yang relatif baru bagi individu Suku Pendidikan Dalam.

3. Contoh Artikel Ilmiah Populer

Selain artikel ilmiah kesehatan dan artikel ilmiah pendidikan, juga terdapat kategori Artikel ilmiah populer yang dibuat khusus dalam waktu tertentu sebab adanya sebuah berita atau kejadian yang populer di kalangan masyarakat.

Artikel ini mempunyai daya tarik tersendiri, seperti laporan berita, surat berita, dan lainnya, mempunyai bentuk, isi dan bahasannya yang penyajiannya dalam bentuk bahasa yang santai juga gampang dipahami masyarakat luas. Serta dengan teknik penyajian yang simpel seperti seputar kehidupan sehari-hari.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang penulisan artikel ilmiah dan contoh-contoh artikel ilmiah, semoga dapat dipahami serta bermanfaat untuk dijadikan referensi bagi Anda yang ingin menulis artikel ilmiah dengan tema Kesehatan , Pendidikan serta tema lainnya. Dan juga membantu Anda untuk membuat artikel dengan mudah secara baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya