Bahaya Dibalik Segarnya Sop Buah, Hati-Hati Diabetes dan Obesitas Mengintai

Sop buah sehat
Sumber :
  • Youtube Mrs. Culinary

VIVA Ramadhan – Setelah seharian berpuasa, mengonsumsi minuman dingin menjadi incaran masayarakat. Sensasi dingin membasuh tenggorokan yang kering usai berpuasa dianggap mampu membuat kita menjadi lebih segar.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Berbicara mengenai minuman dingin, salah satu jenis minuman dingin yang paling diincar selama puasa adalah sop buah.

Aneka buah seperti apel, melon, nata de coco, buah naga dicampurkan dengan kental manis, es serut dan siraman air gula, dijamin membuat buka puasa Anda semakin semarak.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Namun meski terdapat buah-buahan di dalamnya, ternyata konsumsi sop buah sendiri bisa menjadi masalah kesehatan loh. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Resep Sop Buah

Photo :
  • gofood.co.id
Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Melansir tayangan Hidup Sehat tvOne pada Juli 2019 lalu, konsumsi gula yang berlebihan saat berbuka puasa bisa menyebabkan obesitas hingga diabetes.

"Kita harus liat lagi kandungan dari sop buah. Jika kita menambahkan terlalu banyak gula dan buah-buahan yang tinggi kadar glukosanya itu tentu dapat meningkatkan risiko diabetes," kata spesialis gizi dan klinik, dr. Raissa Djuanda, Sp.GK. 

Lebih lanjut, ada baiknya konsumsi buah-buahan tanpa adanya tambahan gula. Dengan demikian konsumsi buah tanpa adanya tambahan gula risiko diabetes otomatis akan berkurang.

Resep Sop Buah

Photo :
  • instagram.com/harusbisamasak

Di sisi lain, dilansir dari berbagai sumber lainnya, konsumsi minuman dingin saat berbuka puasa juga bisa mempengaruhi masalah pencernaan.

Sebab konsumsi air dingin bisa mempengaruhi kerja lambung menjadi lebih lambat. Sebab lambung harus menyesuaikan suhu air dingin yang diminum dengan suhu tubuh Anda. 

Selain itu, konsumsi sop buah saat berbuka puasa juga bisa mempengaruhi kesehatan kita. Terlebih ketika air yang digunakan untuk es oleh penjual terbuat dari air mentah.

Resep Sop Buah

Photo :
  • youtube.com

Air mentah yang digunakan untuk membuat es tersebut bisa membuat kita lebih rentan mengalami keracunan makanan. 

Belum lagi kualitas buah yang digunakan oleh penjual sop buah tersebut. Jika buah yang digunakan masih dalam kondisi baik, belum membusuk, dan dibersihkan sebelum dimasukkan ke dalam sop buah, kita masih bisa mendapatkan nutrisinya.

Namun hal ini bisa menjadi petaka jika buah yang digunakan belum dibersihkan dengan baik atau bahkan sudah mulai membusuk.

Bukannya menjadi lebiih sehat, bisa jadi kita menelan cukup banyak kuman atau bakteri penyebab tertentu yang berkaitan dengan pencernaan yang tentu tidak bisa disepelekan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya