Sate Susu Sapi, Makanan Khas Denpasar di Bulan Ramadhan

Sate susu sapi, khas Denpasar
Sumber :
  • Bobby Andalan/VIVA.co.id

VIVA – Indonesia kaya akan kuliner nusantaranya. Bahkan tiap kali Ramadhan tiba, ada banyak hidangan khas Ramadhan yang sangat dinanti untuk dinikmati bersama keluarga. Setiap daerah di Indnesia, memiliki makanan atau kuliner khas masing masing. Seperti halnya di Denpasar, Bali, sate susu merupakan kudapan favorit tiap bulan suci Ramadhan tiba.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Sate susu bukan sate yang dibuat dari fermentasi susu yang dibekukan, melainkan sate yang benar-benar asli terbuat dari susu sapi. Uniknya, sate ini tidak terbuat dari air susu, melainkan puting susu sapi.

Sate susu ini banyak dijual saat bulan suci Ramadhan di ibukota Bali tersebut. Dan bagi yang ingin mencobanya, bisa membelinya di pasar Ramadhan di Kampung Jawa, Denpasar saat bulan Ramadhan. Ketika bulan ramadhan, banyak penjual sate susu berjejer dengan olahan masing-masing di pasar tersebut.

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Salah satu penjual sate susu sapi di Denpasar, Fatimah sangat piawai membuat sate susu. Saban Ramadhan tiba, dia selalu menjajakan menu khas yang jarang dijual di hari-hari biasa itu.

Sate susu sudah ada sejak lama. Namun panganan unik ini hanya mudah dijumpai kala Ramadhan tiba. "Sate susu ini terbuat dari daging pada susu (puting) sapi yang dibumbui dan dibakar seperti sate," kata Fatimah pada VIVA. 

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Untuk membuatnya, Fatimah mengaku, tiap pagi harus pergi ke pasar untuk membeli puting susu sapi. Setelah dibersihkan, puting susu sapi itu dipotong segi empat, kemudian ditusuk dengan tusukan sate dan Sate susu ini siap dibakar.

Menurut dia, makanan unik dari bagian tubuh sapi itu akan lebih lengkap dinikmati bersama sambal khas yang terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama santan. "Sate susu lebih enak makannya pakai sambal serapah," ujar dia.

Fatimah mengaku berjualan sate susu sapi hanya dilakukan saat Ramadhan. Dia mengatakan memiliki alasan tersendiri selama satu bulan puasa berjualan kuliner itu.

"Jualan sate susu lumayan dapat untung dan cepat habis. Hampir setiap orang yang datang ke sini (Kampung Jawa) pasti cari sate susu," tutur Fatimah.

Sementara di luar bulan Ramadhan, dia bersama suami berjualan sate ayam dan kambing. Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba sate susu sapi, silakan berlibur dan mampir di kawasan Kampung Jawa, Denpasar selama Ramadhan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya