Uniknya Kue Kicak, Takjil Khas Kampung Kauman Yogyakarta

Kue kicak khas Yogyakarta
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Berbuka puasa terasa lebih nikmat jika ada menu yang dinanti. Di Yogyakarta, menu itu adalah hidangan takjil yang memang hanya ada di bulan Ramadhan, yakni kue kicak, takjil khas Kampung Kauman.

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Hidangan ini jadi favorit karena rasanya yang manis dan gurih. Terbuat dari beras ketan, parutan kelapa dengan aroma pandan ditambah nangka, membuat kicak selalu nikmat.

Uniknya, hidangan ini hanya bisa ditemukan di gang kecil sepanjang 200 meter di tengah Kampung Kauman. Hidangan khas ini bercampur dengan puluhan stan menu takjil lainnya.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Soal harga, tidak perlu khawatir. Hidangan yang telah ada sejak puluhan tahun lalu ini dibanderol dengan harga murah meriah, yakni Rp2.500 per bungkus.

Wiwit, pedagang kue kicak mengatakan kue ini selalu laris manis menjelang waktu berbuka puasa. "Makanan yang paling laku, paling dicari. Habis nomor satu," kata dia. 

Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Ramadan 1 Kali Lebaran dalam Setahun

Alkisah, kue kicak pertama kali diperkenalkan oleh seorang warga Kauman bernama Mbah Wono. Dia menjual kue beras ketan ini dalam bungkusan daun pisang. 

Selain kue kicak, Kampung Kauman juga terkenal dengan beragam takjil tradisional seperti kolak, kipo, kue lumpur, talam, serta aneka minuman layaknya setup, blewah, dan cincau.

Laporan: Nuryanto/ Yogyakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya