Mencari Kesempurnaan Spiritual, Ini Sejarah Tarian Darwis dalam Islam

Dervishes Dance Turki
Sumber :
  • britannica.com

VIVA – Tarian dalam sejarah ternyata telah dilakukan oleh umat muslim pada abad pertengahan. Salah satunya bernama tarian darwis atau dervishes (The Whirling Dervish) yang berkonsep artistik, namun berisi pujian bagi Yang Maha Kuasa.

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Tarian pada abad pertengahan itu dipentaskan terutama di Istana Khalifah oleh wanita-wanita terampil. Bangsawan lainnya dengan cepat meniru tarian ini dengan memberikan pertunjukan serupa, para anggotanya saling berlomba pada acara-acara perayaan. 

Salah satu tarian itu, kurrag (kadang-kadang disebut kurra), berkembang menjadi festival lagu dan tari yang diadakan di Istana Khalifah. Sejak paruh akhir abad ke-19, profesi penari telah kehilangan pijakan dari penampilan tarian A.S, Amerika Latin, dan Eropa Barat dalam kabaret. Beberapa tarian tradisional bertahan tanpa perubahan; di antara yang ada adalah tarian darwis, yang sebagian besar ditampilkan di Turki.

Mengenal Masjid Al-Ghamamah di Madinah, Tempat Rasulullah Dirikan Shalat Raya Ied untuk Pertama Kali

Tarian murni ini, tarian darwis, membentuk gerakan berputar-putar. Tarian darwis adalah sebuah seni yang telah dipraktikkan sejak abad ke-13. Prosedurnya adalah bagian dari upacara Muslim yang disebut dzikir, yang tujuannya adalah untuk memuliakan Tuhan dan mencari kesempurnaan spiritual. 

Tidak semua ordo darwis menari; beberapa hanya berdiri dengan satu kaki dan menggerakkan kaki lainnya mengikuti musik. Mereka yang menari, atau, lebih tepatnya, berputar, adalah para darwis Maulawi, sebuah ordo yang didirikan oleh penyair Persia dan mistik Jalal al-Din al-Rumi di Konya, Anatolia, pada abad ke-13.

Menyingkap Jejak Islam di Nusantara, Bedah Buku PPI Unas Mengungkap Fakta Baru

Pertunjukannya, di mana semua peserta mengenakan topi kerucut tinggi dan mantel hitam, berlangsung di aula besar di Tekke, gedung tempat tinggal para darwis. Para darwis duduk melingkar mendengarkan musik. Kemudian, bangkit perlahan, mereka bergerak untuk menyambut syekh, atau master, dan melepaskan jas hitam untuk muncul di kemeja putih dan rompi.

Mereka menjaga tempat masing-masing dengan saling menghormati dan mulai berputar secara ritmis. Mereka menundukkan kepala dan mengangkat telapak tangan, simbol memberi dan menerima. Ritme semakin cepat, dan mereka berputar semakin cepat. 

Dengan cara ini mereka memasuki trans dalam upaya untuk kehilangan identitas pribadi mereka dan untuk mencapai persatuan dengan Yang Maha Kuasa. Nanti mereka boleh duduk, berdoa, dan mulai dari awal lagi. Upacara dzikir selalu diakhiri dengan doa dan prosesi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya