4 Herbal Tepat Cegah Gangguan Lambung Saat Puasa

Minuman herbal
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Mempersiapkan tubuh yang fit dan bugar saat menjelang Ramadhan sangat dibutuhkan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Sebab, beberapa masalah di tubuh kerap menimpa, termasuk gangguan di lambung.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Lambung menjadi saluran pencernaan paling utama yang harus dijaga selama puasa. Bagaimana tidak, lambung tak diberi makanan dan minuman apapun selama kurang lebih delapan jam, sejak sahur hingga berbuka.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si, menjelaskan gangguan lambung sangat beragam mulai dari hilang nafsu makan hingga rasa nyeri di perut. Saat puasa, gangguan lambung tersebut bisa sangat menganggu. Untuk itu, konsumsi bahan-bahan herbal dapat mencegah gangguan tersebut.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

"Gangguan lambung ini bisa diatasi dengan herbal-herbal yang bisa dikonsumsi setiap hari dan aman dikonsumsi teratur saat buka dan sahur. Karena ini pengobatan bahan alami, maka aman dikonsumsi tiap hari dan khasiatnya tidak kalah dari obat lain dan minim efek samping," kata Inggrid, dalam acara Hidup Sehat, TvOne.

Berikut beberapa jenis herbal yang baik dikonsumsi untuk cegah gangguan lambung.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

1. Kunyit

Photo :
  • U-Report

Kunyit terbukti memiliki senyawa aktif bernama curcumonoid. Kandungan tersebut bersifat anti infamasi atau peradangan.

"Jadi bisa kurangi peradangan lambung dan kurangi produksi asam lambung serta tingkatkan imunitas," kata Inggrid.

2. Akar manis

Photo :
  • U-Report

Akar manis atau disebut juga dengan licorice memiliki khasiat yang baik bagi lambung. Herbal ini berfungsi melapisi mukosa lambung sehingga mencegah peradangan.

3. Meniran

Photo :
  • U-Report

Sama seperti kunyit, meniran juga memiliki kandungan bersifat anti peradangan. Dengan begitu, lambung akan terjaga selama menahan lapar dan haus saat puasa.

"Herbal-herbal ini aman dikonsumsi tiap hari. Yang penting pengolahannya harus bersih, baik, dan benar serta dosis tepat sehingga khasiatnya terjaga dan tanpa efek samping," terang Inggrid.

4. Madu

Photo :
  • Times of India

Sudah banyak yang tahu, madu memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Madu sendiri dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Bersifat antibakteri sehingga membunuh bakteri-bakteri di lambung, maka bermanfaat jaga daya tahan tubuh," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya