Hidangan Buka Puasa Campur Kurma, dari Rendang Ayam - Opor Ikan Tuna

Kuliner buka puasa kreasi Chef Ervin di Hotel Santika Pandegiling Surabaya
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal/ Surabaya

VIVA – Apa jadinya jika kurma dicampur dengan rendang ayam, opor ikan tuna, atau ayam lengkuas? Menu inilah yang diolah dan bakal disajikan Chef Ervin sebagai menu buka puasa atau takjil di hotel tempat dia bekerja, Hotel Santika Pandegiling Surabaya, Jawa Timur, selama bulan Ramadhan 2021.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Chef Ervin memperlihatkan kreasi kulinernya itu pada Senin, 11 April 2021. Ada tiga menu yang ia siapkan untuk buka puasa. Yaitu nasi rendang ayam kurma, ketupat opor kurma tuna dan sayuran, dan ayam lengkuas kurma. "Karena temanya Ramadhan, maka kami juga menggunakan kurma," ujarnya saat memasak menu spesial Ramadhannya itu. 

Bahan-bahan nasi rendang ayam kurma sebetulnya tak jauh beda dengan nasi rendang pada umumnya. Yaitu bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai merah, jahe, sereh geprek, lengkuas geprek, daun jeruk, dan garam serta gula. 

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal/ Surabaya

Bahan lainnya ialah aneka rempah kering bubuk. Di antaranya ketumbar, lada, jinten, kayu manis, pala, bunga lawang, kapulaga, cengkeh, dan cabai. Yang agak beda dengan lainnya ialah cara Chef Ervin meracik. Begitu semua bahan itu selesai dimasak, baru kemudian satu atau lebih buah kurma dicampurkan dalam sajian. 

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

Untuk ketupat opor kurma tuna dan sayuran, bahan-bahannya ialah bawang putih dan merah, kemiri, jahe, batang sereh geprek, lengkuas, daun jeruk dan salam, ikan tuna, sayuran, garam, gula, dan chicken powder. Buah kurma baru dicampurkan setelah semuanya masak dan siap disajikan. 

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal/ Surabaya

Sementara bahan ayam lengkuas kurma ialah bawang putih dan merah, kemiri, jahe, batang sereh geprek, lengkuas, daun jeruk, salam, ketumbar, jinten, ayam, garam, gula, dan chicken powder. Kurma juga dicampurkan ketika masakan siap disajikan.

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal/ Surabaya

Bagi VIVA, dari sisi penampilan, menu takjil kreasi Chef Ervin mengundang selera ketika disajikan. Opor kurma tuna sayuran misalnya, daging ikannya terlihat tambah segar ketika direndamkan ke dalam kuah opor yang kuning kental. Daging tuna itu terlihat tambah apik karena diselimuti hijau sayur macam kol dan irisan wortel. 

Begitu pula dengan nasi rendang ayam kurma. Ayamnya terlihat gurih. Apalagi nasi yang disajikan ialah nasi kuning. Belum mencicip sudah terasa maknyus. Kesan sama pada ayam lengkuas kurma yang disajikan dengan belahan ketupat. Sebagai penutup, minuman jus yang dipadu dengan kurma membuat diri tak sabar menunggu Maghrib. 

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal/ Surabaya

Menu-menu Ramadhan itu bisa dinikmati pengunjung di Hotel Santika secara prasmanan dengan harga hanya Rp90 ribu. Sudah termasuk menu lain dari pembuka hingga penutup. Para tamu juga bisa memesan menu Ramadhan itu melalui nomor WhatsApp Hotel Santika Pandegiling 08113067707.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya