Buka Puasa Icip Jajanan Pasar Hingga Gorengan Khas Thailand

Poh Pia Tod
Sumber :
  • Thai Alley

VIVA – Kangen jalan-jalan ke luar negeri sambil menikmati jajanan khas pinggir jalannya? Ya, ketika pandemi COVID-19 belum melanda dunia, banyak orang senang bepergian ke luar negeri. Bahkan, ada sejumlah negera yang memiliki kuliner pinggir jalan menggiurkan serta punya ciri khas dan tak terlupakan. 

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Thailand mungkin menjadi salah satu negara dengan banyak jajanan kuliner menarik dan bikin kangen para pengunjungnya untuk kembali ke negara tersebut. 

Jika kamu salah satu dari sekian banyak orang yang kangen dengan aneka jajanan khas Thailand, di tengah pandemi saat ini, kamu juga bisa lho mencicipi aneka jajanan pasar juga gorengan khas Thailand. 

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Menu GorThai atau menu gorengan khas Thailand dan JaPaThai atau menu jajanan pasar khas Thailand menjadi menu yang banyak diburu ketika para wisatawan mancanegara plesir ke Thailand. 

Nah, aneka menu ini, bisa kamu cicipi sebagai menu alternatif untuk berbuka puasa. Gak perlu ke negaranya, karena di Indonesia sudah ada restoran Thailand yang menawarkan aneka jajanan pasar dan gorengan khas Thailand. 

10 Aktor BL Thailand yang Mencuri Hati Penggemar: Aslinya Bukan Gay?

Ya, beroperasi dari tahun 2012, Thai Alley adalah satu-satunya restoran Thailand premium di Indonesia yang bersertifikasi Halal MUI. Thai Alley menjunjung tinggi keaslian cita rasa dengan menggunakan resep original dari Thailand. Hal ini membuat Thai Alley juga tersertifikasi Thai Select, sebuah sertifikasi jaminan otentisitas restoran Thailand yang diberikan oleh Ministry of Trade, Royal Thai Goverment. 

Penasaran menu apa saja yang ditawarkan? Yuk intip menu menggiurkannya. 

Menu GorThai – Gorengan Thai-style

1. Nang Krob Pad Heng 

Crispy beef skin crackers in our special tom yam paste atau tumis kerupuk kulit sapi saus tom yam. Biasanya di Indonesia kerupuk kulit/ kerupuk rambak disajikan polosan sebagai camilan. Nah, di restoran satu ini, camilan ini bisa mempunyai rasa dan keunikan yang berbeda karena kerupuk kulit ditumis dengan menggunakan saus tom yam yang memberikan rasa asam manis dan sedikit pedas. Tekstur dari kerupuk kulit pun tetap crunchy, tidak heran bila menu ini menjadi salah satu menu favorit Thai Alley.

Photo :
  • Thai Alley

2. Poh Pia Tod 
Fried spring rolls filled with minced chicken, glass noodle and carrot atau Lumpia goreng dengan daging ayam cincang, soun dan sayuran. Biasanya lumpia ini dimakan dengan cabai rawit. Berbeda dengan lumpia yang biasa kita temukan sehari-hari, lumpia khas Thailand ini disajikan dengan saus sweet chili khas Thailand, perpaduan lumpia yg crunchy dengan cocolan saus yang asam manis pedas menghasilkan cita rasa yang unik, dan berbeda.

3. Yam Hem Kem Thong Tod 
Crispy enoki mushroom topped with our special Thai sweet sauce atau Salad jamur enoki goreng tepung dengan dengan saus special asam manis khas Thailand. Gorengan satu ini mirip bakwan, gorengan yang biasa kita temukan setiap hari. Bakwan biasanya terbuat dari aneka sayuran seperti wortel, kol, toge yang diaduk bersama adonan tepung terigu lalu di goreng. Nah bedanya, Yam Hem Kem Thong Tod terbuat dari jamur enoki yang di goreng crunchy lalu ditambah irisan wortel dan timun di atasnya, lalu disiram dengan saus ”sweet chili” khas Thailand menghasilkan cita rasa yang unik dan berbeda dalam satu kali suapan.

Menu JaPaThai – Jajanan Pasar Thai-style

Photo :
  • Thai Alley

1. Khek Fakthong 
Thai pumpkin cake atau Kue labu khas Thailand. Kue jajanan pasar khas Thailand yang satu ini hampir mirip dengan kue talam; kue basah Indonesia yang berbentuk seperti mangkuk kecil, kue talam terbuat dari tepung beras, santan dan pasta pandan. Nah bedanya Khek Faktong terbuat dari labu parang. Rasa labu parang yang manis berpadu dengan tepung beras ketan dan santan benar-benar menghasilkan rasa yang manis, legit dan gurih.

2. Khek Manfrang
Steamed sweet Potato cake with vanilla fla atau Kue ubi ungu khas Thailand dengan fla vanila. Serupa tapi tak sama dengan Khek Fakthong, bahan baku utama Khek Manfrang adalah ubi ungu; yang memberikan warna ungu secara natural pada kue ini. Rasa ubi ungu yang manis dan legit berpadu dengan tepung beras ketan, santan dan fla vanila menghasilkan rasa yang unik dan nikmat.

Photo :
  • Thai Alley

3. Pra Pies Kathi
Glutinous rice balls filled with mung bean paste drizzled with coconut fla atau
Bola ketan kacang hijau dengan fla santan. Siapa yang tidak tahu dengan onde onde? Bola ketan berisi pasta kacang hijau, dibalur dengan biji wijen lalu
digoreng. Jajanan pasar ini kerap kita temui di pasar dan pedagang kaki lima pinggir jalan.

Nah, di Thailand ada kue jajanan pasar yang mirip dengan onde onde namun tidak digoreng, melainkan di kukus. Pra pies kathi, kue bola ketan berisi pasta kacang hijau, dan disiram dengan fla santan yang gurih. Jajanan pasar khas Thailand ini memiliki tekstur yang kenyal, manis dan gurih.

4. Yok Manee
Tapioka pearls ball with shreded coconut atau Kue sago Mutiara dengan kelapa parut. Jajanan pasar khas Thailand ini sekilas mirip dengan klepon, kue basah berbentuk bulat yang dibalur dengan kelapa parut. Klepon terbuat dari tepung ketan pandan dan berisi gula jawa. Sedangkan Yok Manee, terbuat dari sagu mutiara berwarna hijau dan berisi kacang mede. Yok manee bertekstur lembut dan memiliki rasa manis dan gurih.

Photo :
  • Thai Alley

Gimana? Ngiler gak untuk mencicipi? Buat kamu yang tertarik untuk mencoba rasanya, GorThai dan JaPaThai bisa dipesan melalui Dine-in, Take Away, Go Food, Grab Food, Shopee Food atau melalui WhatsApp 0822 1000 9825.

Ada informasi lagi yang perlu kamu tahu, dalam menyambut Ramadhan 1442 H, restoran ini meluncurkan program Berbuka Sambil Sedekah (Berkah) sekaligus memperkenalkan menu baru GorThai dan JaPaThai.

Program Berkah adalah sebuah program sosial yang berjalan selama bulan Ramadhan; dimana untuk setiap pembelian 1 menu di Thai Alley, akan disumbangkan Rp1000 kepada anak yatim piatu.

Menurut Mutia, marketing executive dari Thai Alley, menyatakan, "Program Berkah merupakan bagian dari kegiatan sosial Thai Alley yang dilakukan secara berkala dengan tujuan berbagi manfaat dan membantu sesama." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya