Tol Trans Jawa Bakal Lebih Padat saat Musim Mudik Tahun Ini

Iustrasi arus balik di Pintu Tol Cipali
Sumber :
  • ANTARA Foto/Dedhez Anggara

VIVA – Sudah difungsikannya jalan Tol Trans Jawa, diyakini membuat pemudik banyak memilih pulang ke kampung halaman via jalur darat. Hal ini yang membuat penyewaan mobil, kebanjiran pesanan.

Kawanan Penipu Sewa Mobil Rental di Tangerang Diringkus, Begini Modus Culasnya

Direktur TRAC- Astra Rent a Car, Hadi Winarto mengatakan, tahun ini pihaknya menambah jumlah armada yang bisa disewa oleh masyarakat, yang hendak mudik di musim libur Hari Raya Idul Fitri.

"Tahun lalu, kami siapkan 1.500 unit untuk musim lebaran. Tahun ini, 2.000 unit saat lebaran. Kami lihat begini, jalan Tol Trans Jawa sudah hidup, pasti yang mau mudik dengan naik mobil meningkat," ujarnya di Jakarta, Jumat 10 Mei 2019.

Tarif Rental Mobil Naik Drastis Jelang MotoGP Mandalika 2022

Selain itu, kata Hadi, tiket pesawat saat ini juga dirasa terlalu mahal, untuk dipilih sebagai moda transportasi menuju kampung halaman, terlebih jika dilakukan sekeluarga. Itu sebabnya, mudik menggunakan mobil sewaan menjadi alternatif.

"Tiket pesawat mahal, pastinya banyak orang beralih ke jalur darat. Orang mudik lebih senang naik mobil, karena saat sudah sampai di tempat tujuan, harus sowan, ini butuh kendaraan," tuturnya.

Cerita Pegawai PT KAI Jadi Korban Investasi Bodong Mobil Murah

Hadi menjelaskan, untuk musim mudik tahun ini, ditawarkan paket sewa kendaraan untuk tiga hari, lima hari dan tujuh hari. Harga sewa per harinya adalah Rp500 ribu.

Untuk jenis mobil, umumnya penyewa memilih mobil keluarga dengan kapasitas duduk untuk tujuh penumpang, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Kijang Innova.

"Tiap lebaran, kami siapkan mobil selalu enggak cukup. Biasanya, 14 hari sebelum lebaran sudah habis dipesan," ungkapnya. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya