Lawan Corona Saat Puasa, Tinggalkan Berbuka dengan Gorengan

Gorengan.
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Sudah sejak lama gorengan menjadi menu berbuka puasa yang cukup banyak digemari umat Muslim di Tanah Air. Gorengan selalu menjadi menu berbuka yang disajikan bersama dengan takjil yang lainnya. 

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Berbuka puasa dengan gorengan banyak dianggap mampu mengganjal perut sebelum melaksanakan Salat Magrib. Karena itu, gorengan jadi pilihan juga sebelum konsumsi makanan berat. 

Saat wabah corona atau covid-19 menyebar seperti saat ini, pilihan makanan sehat, apalagi untuk berbuka puasa menjadi hal yang penting. Demi meningkatkan daya tahan tubuh, ada baiknya Anda mengganti gorengan dengan makanan bervitamin sebagai sumber energi setelah menjalani ibadah puasa.
 
Meski berpuasa, menjaga daya tahan tubuh tetap harus dilakukan. Mengganti gorengan dengan mengonsumsi sayur dan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh perlu dilakukan guna mencegah penularan virus corona.

Deva Mahenra Sebut Mikha Tambayong Antusias Mencari Takjil

Buah kurma tentu bisa dijadikan pilihan utama sebagai menu awal berbuka puasa. Kurma akan mudah didapat saat bulan Ramadhan, dan harganya juga tidak terlalu mahal. Apalagi kurma sangat dianjurkan saat berbuka puasa. 

Buah lain yang juga aman untuk menu berbuka puasa adalah semangka. Buah ini akan memulihkan kondisi tubuh karena kekurangan cairan saat berpuasa. 

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

Selain itu buah lain yang juga aman untuk berbuka puasa adalah pepaya yang juga banyak mengandung vitamin c. Buah ini mengandung enzim pencernaan, papain, yang memiliki efek anti inflamasi. Buah manis ini juga mengandung kalium, vitamin B, dan folat yang cukup, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatanmu secara keseluruhan. 

Kemudian buah-buahan lain yang menunjang vitamin saat puasa adalah melon, berry, pisang, jeruk, alpukat dan juga apel. Namun, sebaiknya Anda menghindari memakan buah durian, nangka, nanas dan mangga saat berbuka puasa. Terutama yang rasanya tidak manis.

Selain buah, mengganti gorengan dengan juga perlu dicoba. Memakan paprika merah akan membuat tubuh mendapatkan vitamin C dua kali lebih banyak dibanding jeruk. Kemudian Brokoli, yang kaya akan vitamin dan mineral. Sayuran ini juga banyak mengandung vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat. Lalu ada sayuran yang sangat mudah didapat seperti bayam. 

Bayam kaya akan antioksidan dan beta karoten, yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan sistem kekebalan tubuh kita. Sayuran ini tidak perlu dimasak terlalu lama agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. 

Baca dan lengkapi informasi Anda mengenai penanganan wabah   corona dalam tautan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya