Resep Menu Buka Puasa, Bubur Lambok Khas Riau

Bubur dengan bahan utama sayur mayur segar.
Sumber :
  • eat4ourlife

VIVA – Memasak makanan khas daerah dengan bahan utama sayur bisa Anda coba sebagai menu untuk berbuka puasa. Dalam kondisi pandemi corona atau covid-19 saat ini, ada baiknya melupakan dulu berbuka dengan gorengan. Pilih menu berbuka yang kaya nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Senin 8 April 2024

Salah satu makanan daerah yang bisa Anda coba adalah Bubur Lambok yang merupakan makanan khas dari Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Berbahan utama sayuran, masakan ini ternyata sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia pada 2018.

Bubur Lambok ini juga terbuat dari bahan utama sagu yang digongseng hingga menjadi sagu lenggang. Sementara untuk sayuran, Anda bahkan bisa mencampur hingga 44 jenis sayur mayur. Namun, bisa juga memilih sayuran yang disuka. Seperti sayur rampai, seperti kangkung, daun singkong, bayam, daun ubi jalar, tauge, daun melinjo. Kebutuhan akan protein juga bisa dipenuhi dengan mencampur bubur ini dengan ikan. Seperti ikan tamban kering.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Minggu 7 April 2024

Seluruh bahan sayur dipotong kecil-kecil, kemudian siapkan bumbu dan haluskan. Seperti cabe rawit, garam dan penyedap rasa, belacan, bawang merah dan putih. Kemudian didihkan air setengah wajan ukuran sedang. Kemudian masukan sayuran dan kurang lebih 10 menit lalu tuang sagu lenggang dan terus diaduk. Setelah 5 - 7 menit bisa angkat, kemudian tutup wajan. 

Bumbu yang telah dihaluskan kemudian ditumis dan kemudian masukkan dalam wajan tadi. Aduk sebentar lalu dapat hidangkan. Bubur Lambok sangat nikmat dihidangkan dalam kondisi hangat. Pastikan, karena dalam kondisi puasa, gunakan cabai secukupnya agar bubur tidak terlalu pedas.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Sabtu 6 April 2024

Video masakah khas Kepulauan Riau ini juga ada dalam tayangan Selera Asal tvOne. Nantikan menu khas pulau dimana asal-usul dan sejarah Melayu Nusantara dimulai. Negeri Bunda Tanah Melayu, itulah julukan untuk Pulau Lingga. Pulau yang luasnya tiadk lebih dari 3.000 km2 yang menyimpan sejuta pesona.  

Jemaah umrah yang buka puasa dan sahur di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa 9 April 2024

Berikut jadwal imsakiyah dan buka puasa di seluruh Indonesia Selasa, 9 April 2024 atau 29 Ramadhan 1445 Hijriyah

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024