Tips Membuat Gorengan Sehat untuk Buka Puasa Saat Corona

Perkedel Kentang
Sumber :
  • commons.wikimedia.org

VIVA – Kebiasaan berbuka puasa dengan gorengan tentu tidak mudah dihilangkan bagi masyarakat saat bulan Ramadhan. Tapi dengan keadaan saat ini, bisa jadi gorengan tidak mudah didapat karena bazar takjil tidak boleh ada di daerah tertentu akibat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa 9 April 2024

Gorengan memang ada baiknya dihindari pada saat pandemi corona. Ganti menu buka puasa dengan buah atau sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona.

Tapi bila terpaksa, sesekali boleh saja Anda berbuka puasa dengan gorengan. Tapi ada baiknya, gorengan itu Anda buat sendiri. Selain untuk mengusir kejenuhan saat PSBB, penggunaan minyak sekali untuk menggoreng akan menghindarkan kita dari dampak-dampak buruk gorengan yang dibeli di jalan.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Senin 8 April 2024

Perhatikan juga beberapa tips untuk membuat gorengan sehat saat puasa. Pertama tentu harus menggunakan bahan berkualitas dan sehat. Kita bisa menambahkan baking soda atau kapur sirih pada adonan yang akan kita goreng. Agar lebih sehat, kita bisa menggunakan minyak zaitun. Kita juga harus memperhatikan suhu minyak dan jangan lupa tiriskan gorengan kita dengan baik.

Berikut ini rekomendasi gorengan untuk berbuka puasa yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Minggu 7 April 2024

Cireng Renyah

Menggoreng cireng, baik yang dibeli jadi dan tinggal digoreng, Anda juga bisa membuat sendiri cireng. Bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit. Kita hanya butuh tepung tapioka atau kanji dan bumbu dasar atau penyedap rasa. Untuk kuahnya, cukup menggunakan gula aren dan cabai rawit saja.

Cireng.

Cakwe Rumahan

Dengan komposisi tepung terigu, susu bubuk, telur, baking soda yang tepat, Anda dapat menghasilkan adonan untuk cakwe yang enak sebagai menu berbuka puasa. Kemudian untuk sausnya, juga tidak sulit dibuat. Cukup campurkan cabai merah keriting yang dihaluskan, bawang putih, dengan air dan campur cuka serta sedikit tepung maizena.

Cakwe.
 
Bakwan Jagung Kriukk

Membuat bakwan jagung tentu bukan persoalan sulit bagi kita. Bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk didapat. Hanya jagung manis dan juga tepung terigu yang dicampur sedikit tepung beras, bawang putih dan juga bawang merah yang diiris halus.

Bakwan jagung

Perkedel Kentang 

Bila membuat gorengan yang juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak, ada baiknya membuat perkedel kentang. Bila ingin memporel protein, bisa menambahkan dengan ayam. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya kentang, fillet dada ayam, kaldu, tepung maizena, merica bubuk, bawang putih, telur ayam dan air secukupnya.

Perkedel Kentang

Ayo jaga daya tahan tubuh kita selama menjalankan ibadah puasa. Jaga kebersihan agar kita terhindar dari virus corona. Update informasi Anda mengenai penanganan wabah corona dalam tautan berikut ini.

Baca juga: Ayo Tunaikan Zakat Lebih Awal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya