Daftar Aplikasi Jadwal Puasa untuk iOS dan Android

Ilustrasi aplikasi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kurang dari dua pekan lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadan 1442H, perkiraannya pada 13 April 2021. Mereka tidak boleh makan dan minum hingga waktu magrib atau saat Matahari terbenam. 

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Tapi, ada kalanya kita berada di perjalanan atau di tempat yang jauh dari rumah ibadah, sehingga tidak mengetahui waktu imsak maupun magrib untuk berbuka puasa. Kita bisa mengandalkan aplikasi yang bisa diunduh di smartphone

Salah satunya adalah aplikasi Jadwal Imsakiyah 2021 1442 H yang tersedia di Play Store. Platform yang sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali ini dikembangkan oleh thelastprojectdroid yang rilis pada Maret 2019.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

"Jadwal Imsakiyah 2021 1442 H merupakan aplikasi yang berisi jadwal imsak dan berbuka puasa serta jadwal sholat fardhu yang bermanfaat untuk kita  dalam menjalankan ibadah bulan suci Ramadan 1442 H - 2021 M yang penuh keberkahan umat muslim di seluruh dunia," bunyi keterangan dalam aplikasi. 

Aplikasi juga disertai dengan doa-doa puasa dan jadwal waktu salat, seperti imsak, subuh, zuhur, asar, magrib dan isya untuk berbagai kota yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. 

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Aplikasi Jadwal Imsakiyah 2021 1442 H juga menyediakan tata cara ibadah lainnya, seperti tarawih, zakat, hingga tadarus alquran. Platform mendapat rating 4.2 dan cocok diunduh untuk semua usia. 

Selanjutnya adalah aplikasi untuk iOS, bisa menggunakan Kalender Puasa 2021. Aplikasi dikembangkan oleh Noval Agung Prayogo. Tertulis juga bahwa aplikasi ini tidak mengumpulkan data penggunanya. 

Aplikasi berisikan jadwal puasa dalam setahun ini. Puasa yang tercakup diantaranya adalah puasa sunah Senin dan Kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Ramadan, puasa Asyura dan Tasu'a, puasa Arafah dan waktu haram berpuasa. 

Fitur yang disediakan termasuk notifikasi yang akan selalu mengingatkan pengguna mengenai puasa terdekat di hari esok, integrasi dengan aplikasi kalender iOS, serta kompatibel dengan semua jenis iPhone dan iPad dengan versi iOS minimal 8.0.

"Dalam aplikasi Kalender Puasa ini memungkinkan adanya perubahan tanggal puasa, terutama dalam penentuan Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah. Dan jika ada perubahan akan kami update secepatnya," bunyi keterangan di aplikasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya