Kisah Bintang NBA Stephen Jackson Berlimpah Hidayah Jadi Mualaf

Mantan bintang basket NBA, Stephen Jackson
Sumber :
  • IG intheshowcase

VIVA – Mantan bintang basket NBA, Stephen Jackson kini mencuat menyita perhatian publik. Namun, eks penggawa Los Angeles Clippers itu jadi sorotan justru bukan soal torehan prestasi atau catatan rekor di arena basket.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Ya, peraih gelar juara NBA 2013 bersama San Antonio Spurs diketahui kini telah mantap memeluk agama Islam. Kabar tersebut pun sontak jadi perbincangan.

Pria 43 tahun itu resmi menjadi seorang mualaf sejak awal tahun ini, atau tepatnya pada 6 Januari 2021 lalu.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Jackson pun tak ragu membagikan kabar tersebut dengan mengunggah foto saat dia mengucapkan dua kalimat syahadat. Terlihat, dia didampingi dua temannya.

Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Masjid, Komunitas Muslim Korea Ungkap Fakta Mencengangkan

Adapun hidayah yang dilimpahkan kepada Jackson diakuinya sangatlah dipengaruhi perjalanan hidupnya. Jackson selama ini selain dikenal sebagai bintang NBA, ia pun turut berperan sebagai aktivis HAM dan pejuang keadilan rasial.

Lantaran interaksi dalam pergerakan aktivis itu, serta pengaruh teman-teman menjadikannya tertarik selama bertahun-tahun untuk mengenal agama Islam.

Selain itu, deretan bintang lawas NBA muslim yang sangat ngetop sebelumnya seperti Kareem Abdul-Jabbar, Hakeem Olajuwon, Mahmoud Abdul-Rauf hingga Shareef Abdur-Rahim pun jadi salah satu aspek yang memberikan pandangan tentang Islam.

"Saya telah mempelajari Islam dengan serius selama 7 bulan, tetapi telah tertarik selama bertahun-tahun sebelumnya. Percakapan sepenuh hati pertama kali saya tentang pindah agama adalah pada tahun 2013," ungkap Jackson yang dilansir laman Religion News.

"Ini dimulai dengan seorang teman saya, Hanif, juga dikenal sebagai Neef Buck, dari duo rap Young Gunz. Saya melihat dia berdoa dan terus menanyakan pertanyaan tentang bagaimana dia berdoa, dan apa yang dia katakan ketika dia melakukannya," jelasnya.

“Tapi saya belum berniat apa-apa saat itu, sampai ketika seorang teman dekatku yang bernama Jibril, dibunuh, seseorang yang biasa saya ajak bicara tidak hanya tentang Islam, tetapi juga berdoa bersama,” ujar Jackson.

“Di pemakaman, ibunya mendapatkan ketenangan dan kepastian yang sama seperti yang saya ingat darinya. Dia terhibur mengetahui dia sedang dalam perjalanan ke surga, insya Allah (Insya Allah). Itu adalah hari dimana saya benar-benar memutuskan (memeluk Islam),” tegasnya.

Kini, Jackson sering menunjukkan sisi religiusnya di Instagram. Beberapa kali dia mengutip ayat Alquran dan juga artikel keislaman. Dia juga seringkali mengingatkan saat datang waktu salat.

Salah satu petikan ayat yang diunggah adalah Al-Baqarah ayat 255, yang tak lain adalah ayat kursi:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa"at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya