Voluntourism, Serunya Jalan-jalan Sambil Jadi Relawan

#BeraniMimpi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Indonesia sudah terkenal memiliki keindahan alam yang bisa menjadi titik wisata menarik. Namun, di balik keindahan itu beberapa wilayah di pelosok Indonesia juga menghadapi berbagai masalah sosial, seperti kurangnya ketersediaan air bersih.

Astra Umumkan 22 Finalis SATU Indonesia Awards 2021

Hal inilah yang mendorong Wahana Visi Indonesia melakukan kampanye #BeraniMimpi untuk mewujudkan harapan dari permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat di pedalaman Indonesia.

Pada tahun ini, #BeraniMimpi memilih mewujudkan mimpi anak-anak di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, untuk memiliki sumber air bersih yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

Sri Mulyani: Anak Muda RI Harus Tahu Hak dan Kewajiban Warga Negara

Direktur Komunikasi Wahana Visi Indoneska Priscilla Christin mengatakan, kampanye #BeraniMimpi merupakan online fundraising competition, di mana masyarakat diberi fasilitas untuk menjadi pengumpul dana atau memberikan donasi.

"Mekanismenya, bisa bergabung di situs kami dan bisa bikin challenge, siapa fundraiser yang paling banyak mendapat dana akan kita pilih untuk pergi trip ke Sikka," ujar wanita yang akrab disapa Cilla itu.

Kunci jadi Pemimpin Muda yang Sukses: Perbaiki Mental

Challenge yang dilakukan pun bisa bermacam-macam, apakah itu berlari satu kilometer untuk setiap Rp1 juta yang terkumpul, mengenakan kostum aneh, mengumpulkan buku, dan lain-lain.

Intinya, challenge ini bertujuan untuk menarik para donatur menyumbang. Karena itu, jika sudah mendaftar menjadi fundraiser atau pengumpulan dana, Anda bisa menyebarkan link ke banyak teman agar semakin banyak mendapat donasi.

Jika terpilih, relawan atau volunteer yang diajak berangkat ke Sikka akan melakukan serangkaian kegiatan yang masuk program pipanisasi untuk membuat saluran air bersih bagi warga desa di sana.

"Satu harinya kita ajak jalan-jalan mengenal spot tourism di Sikka," kata Cilla. Salah satu spot wisata yang cukup dekat dengan Sikka adalah Danau Kelimutu.

Tak hanya soal menikmati keindahan alam Sikka, relawan juga akan mendapatkan pengalaman bagaimana menjangkau Desa Hepang dan Wolomotong di Sikka, serta merasakan bagaimana perjuangan anak-anak di kedua desa itu mengambil air dengan jarak yang jauh.

"Prinsipnya, ada value pada generasi muda bahwa kepedulian sudah mereka miliki sejak muda. Tidak perlu menunggu sampai kaya," ujar Cilla.

Kampanye #BeraniMimpi akan dibuka mulai 17 Agustus melalui situs beranimimpi.id. Para fundraiser akan diberi waktu selama 40 hari untuk mengumpulkan dana. Kemudian, fundraiser terpilih akan diumumkan dan melakukan perjalanan ke Sikka pada 28 Oktober.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya