Susah Move On, Coba Cek 5 Kebiasaan Usai Putus

Ilustrasi patah hati atau putus cinta.
Sumber :

VIVA – Move on usai putus selalu jadi hal yang sulit dilakukan, terlebih jika masih memiliki perasaan dengan mantan. Tak pernah ada yang mengatakan bahwa mengakhiri hubungan adalah hal yang mudah untuk dilakukan.

4 Zodiak Ini Paling Jago Bikin Patah Hati, Jangan Dekat-dekat!

Tapi, ada yang mengatakan, ada cara mudah untuk melupakan, dan selalu ada cara yang membuat move on lebih sulit. Ada banyak hal kecil yang mungkin telah menjadi penyesalan hingga akhirnya menghentikan orang untuk bisa bangkit pasca putus.

Untuk bisa berdamai dengan putus dengan cara yang sehat dan move on dari orang yang sama, sekali tak baik ada kebiasaan-kebiasaan yang harus diputuskan segera.

8 Penyanyi Nyindir Mantan Pacar Lewat Lagu, Ada yang Jadi Trending

Perasaan mungkin tidak bisa dihentikan, tapi tindakan-tindakan yang membuat perasaan semakin buruk ini bisa dilakukan. Dilansir The Talko, Jumat 2 November 2018 berikut di antaranya.

Mengirim pesan

Lagu Ketiga Glory Satya, Pura-pura Kuat Namun Tersakiti

Terus-menerus mengirim pesan dan menelepon adalah hal terburuk yang bisa dilakukan. Itu sama seperti memberi donat ketika diet. Kenapa harus menyiksa diri seperti itu, jika tidak berkomunikasi dengan mantan, perpisahan akan jauh lebih mudah, jangan fokus pada mantan. Berbicara atau mengirim pesan hanya akan membuat keinginan kembali lebih besar. 

Hidup di masa lalu bukan sekarang

Hiduplah untuk saat ini. Ini adalah saran yang akan bekerja untuk berbagai aspek kehidupan. Untuk apa memikirkan tempat yang biasa didatangi, candaan yang biasa dilontarkan, akan lebih baik untuk berdamai dengan perasaan sedih dan lebih fokus pada apa yang ada saat ini. 

Memikirkan jalan kembali

Jika tidak bisa menerima kenyataan bahwa hubungan telah berakhir ini hanya akan membuat sulit move on. Katakan pada diri sendiri bahwa jika kembali bersama bisa akan lebih buruk. Terkadang mantan bisa kembali bersatu, dan itu bisa terjadi, tapi jika mantan menunjukkan tanda-tanda tidak ingin kembali, jangan dipaksa. 

Tidak ada penjelasan mengapa berakhir

Sulit untuk menghadapi emosi jika tidak punya penutupan. Jika tidak sepenuhnya mengerti apa yang terjadi hingga hubungan berakhir, bisa dimengerti kenapa orang jadi sulit move on.

Semua pikiran itu akan berputar dalam pikiran hingga menemukan jawaban. Dan ini saatnya untuk kembali pada aturan untuk tidak bicara pada mantan. Tanpa penjelasan, akan lebih sulit untuk move on, jadi akan lebih baik untuk menyimpulkan sendiri alasan putus. 

Merasa bersalah

Perasaan bersalah ini muncul jika tidak bisa menjaga pasangan dengan baik selama hubungan berlangsung, atau hubungan berakhir karena kesalahan sendiri.

Dalam kasus seperti ini, mantan mungkin sudah tidak ingin ada apapun lagi, sebaiknya temukan cara untuk mengatasi tanpa mengganggu ruang hidup mantan. Mungkin mengirimkan surat permintaan maaf atau sesuatu sikap lainnya yang menunjukkan rasa bertanggung jawab atas apa yang terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya