Menabung Tak Kunjung Berhasil? Coba Cek Caranya Sudah Benar atau Belum

Ilustrasi tabungan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kita tidak akan pernah tahu, kapan keperluan dan dana darurat akan muncul. Untuk itu, menabung sangatlah penting. Kalau punya tabungan, Anda akan siap dengan semua jenis pengeluaran yang mendadak sekalipun. 

Datangi Bank Sampah di Jakbar, Erick Thohir Nabung Kardus Bekas

Jika ingin mulai menabung, atau sudah mencoba tapi tak kunjung berhasil, ada baiknya terapkan beberapa hal berikut ini, seperti dikutip dari Buku Saku Ibu Bijak, Jumat 26 Juli 2019.

Membuat anggaran dan menaatinya

4 Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan yang Stabil Secara Finansial

Ketika membuat anggaran bulanan, coba lebihkan biaya dari perkiraan. Dengan cara ini, biasanya akan ada dana sisa dan bisa langsung dimasukkan ke tabungan.

Perlakukan tabungan seperti tagihan

Ajari Anak Melek Keuangan Lewat Kebiasaan Menabung

Perlakukan uang tabungan seperti tagihan yang wajib dibayarkan setiap bulan. Jumlah ideal tabungan adalah, 10 sampai 12 persen dari gaji.

Menabunglah dengan bijaksana

Pilihlah metode penghematan yang sesuai dengan tujuan Anda. Pastikan untuk mengecek tawaran bunga terbaik dari bank, sebelum menentukan uang Anda akan ditabung di mana.

Siaplah untuk pengeluaran tak terduga

Setelah membuat anggaran, lacaklah peruntukannya. Dengan melacaknya, Anda akan menemukan di mana letak kebocoran dana dan menemukan langkah agar kondisi keuangan bisa seimbang.

Tentukan tujuan keuangan agar tetap pada jalurnya

Tentukan tujuan secara cerdas agar tahu persis berapa banyak harus menabung dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke sana. Jika sudah punya tujuan yang jelas, akan lebih mudah melacak seberapa jauh perkembangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya