Aqua Tercemar Plastik, Ribut Kartun Tempo dan Liga Champions

Air Mineral Aqua.
Sumber :
  • VIVA/Zahrotustianah

VIVA – Video tentang polisi di Bogor, Jawa Barat yang gemetaran saat menilang kuntilanak menjadi artikel yang paling banyak dibaca di VIVA pada Jumat, 16 Maret 2018. Video berdurasi 59 detik itu telah beredar di grup WhatsApp dan media sosial.

AQUA Bersama Ramadan Jazz Festival 2024 Donasikan 100% Hasil Penjualan Tiket ke Palestina

Dalam video tersebut, Brigadir Bayu dari Satlantas Polres Bogor tengah mengendarai motor vespa miliknya pada pukul 00.00 WIB, tepatnya pada malam Jumat.Tidak lama kemudian dari arah belakang, benar saja ada sosok setan yang biasa disebut ‘kuntilanak’ tengah menunggangi Honda Scoopy.

Mengenakan pakaian serba putih, setan itu tidak mengenakan helm dan terus berjalan melewati Polisi tersebut. Bayu langsung terkejut dan ketakutan, tapi ketika setan itu jalan mendahului, dirinya baru sadar kalau setan itu tidak mengenakan helm. Ia pun langsung menindak tegas dan megejar setan tersebut.

Ternyata Hoax! AQUA Tidak Masuk Daftar Boikot, Ini Pernyataan BDS

Di peringkat kedua, berita yang paling banyak dibaca adalah soal kartun karya Tempo yang dianggap menyinggung Imam Besar ormas Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq  Shihab. Kartun yang diterbitkan di Majalah Tempo edisi 26 Februari 2018 itu membuat massa FPI melakukan unjuk rasa di depan Kantor Tempo di Palmerah.

Kartun itu bergambar seorang pria berjubah putih sedang duduk berdua dengan seorang wanita. Pada kartun itu, pria berjubah itu dituliskan mengucapkan 'Maaf... Saya tidak jadi PULANG'. Dan wanita itu menjawabnya, 'yang kamu lakukan itu JAHAT'.

Dukung Palestina, Aqua Ambil Bagian Meriahkan Acara 'Run For Palestine' di GBK

Berita selanjutnya yang menjadi sorotan publik adalah tentang berbagai merek air mineral kemasan yang terbukti mengandung partikel plastik. Ada 11 merek minuman kemasan taraf dunia dan lokal yang mengandung mikroplastik, termasuk Aqua Danone, Nestle Pure Life, Evian dan San Pellegrino.

Investigasi terhadap berbagai merek minuman kemasan itu dipimpin oleh organisasi jurnalisme (Orb Media). Untuk meneliti kandungan plastik di dalam botol air, organisasi tersebut menggandeng State University of New York di Amerika Serikat.

Selain tiga berita tadi, berita soal perempatfinal Liga Champions dan isu pedangdut Roro Fitria jatuh miskin juga menyita perhatian publik.

Berikut ini daftar lengkap lima isu hangat yang terjadi pada Jumat, 16 maret 2018.

1. Video Saat Polisi Bogor Dibuat Gemetaran Tilang Kuntilanak

Polisi tilang kuntilanak

Sudah menjadi syarat wajib jika mengendarai motor di jalan raya harus mengenakan helm sebagai pelindung kepala. Sebab, kepala menjadi bagian paling vital saat terjadi kecelakaan dan helm berguna untuk mencegah benturan.

Sadar masih banyak pengendara motor yang tak memperhatikan keselamatan dalam berkendara, pihak kepolisian terus melakukan kampanye. Dan terkadang dengan cara-cara yang unik atau tak lazim.

Seperti yang dilakukan Brigadir Bayu dari Satlantas Polres Bogor lewat videonya yang beredar di grup whatsapp dan akun sosial. Dalam video berdurasi 59 detik itu terlihat, Bayu bergegas jalan menggunakan motor Vespa miliknya pada pukul 00.00 WIB tepatnya pada malam Jumat.

Baca selengkapnya di sini.

2. Ini Lho Kartun Tempo yang Bikin FPI Tersinggung

Kartun Majalah Tempo.

Seribuan massa ormas Front Pembela Islam direncanakan akan berunjukrasa di depan Kantor Tempo di Pal Merah, Jakarta Barat. Massa FPI akan bergerak selepas Salat Jumat, 17 Maret 2018.

Aksi ini digelar FPI, karena merasa tersinggung dengan kemunculan sebuah kartun karya Tempo yang diterbitkan di Majalah Tempo edisi 26 Februari 2018.

"Kami jelas tersinggung, itu menyinggung ulama kami, menyinggung guru kami dan menuntut majalah Tempo untuk minta maaf secara tertulis," kata Panglima FPI Ustad Maman Suryadi.

Baca selengkapnya di sini.

3. Aqua dan Nestle Pure Life Mengandung Mikroplastik

Air Mineral Aqua

Investigasi terhadap berbagai merk minuman kemasan mengungkap bahwa air di dalam botol Aqua Danone dan Nestle Pure Life mengandung partikel plastik.

Dilansir laman BBC, kedua merek itu hanyalah sebagian dari 11 merek minuman kemasan taraf dunia dan lokal yang diuji. Bahkan, merek Evian dan San Pellegrino tak luput dari temuan partikel plastik tersebut.

"Kami menemukan (plastik) di dalam botol demi botol dan merek demi merek," kata Sherri Mason, profesor kimia dari State University of New York yang dilibatkan dalam investigasi, kepada BBC.

Baca selengkapnya di sini.

4. Perempatfinal Liga Champions, Madrid Hadapi Juventus Lagi

Trofi Liga Champions

Undian perempatfinal Liga Champions sudah digelar. Delapan kontestan harus bertarung untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Perwakilan masing-masing tim hadir dalam acara di markas UEFA, Nyon, Swiss. Undian digelar pada Jumat, 16 Maret 2018, mulai pukul 18.00 WIB.

Pengundian dilakukan dengan sistem terbuka. Tidak ada pot unggulan atau larangan tim senegara bertemu.

Prediksi bakal ada beberapa partai ‘neraka’ ternyata benar-benar terbukti. Salah satu duel paling seru yakni mempertemukan dua finalis musim lalu, Juventus melawan Real Madrid, serta duel sesama raksasa Inggris, Liverpool vs Manchester City.

Baca selengkapnya di sini.

5. Isu Roro Fitria Jatuh Miskin, Eks Pengacara Angkat Bicara

Roro Fitria digelandang ke sel tahanan Polda Metro Jaya

Pengacara Nuning Tyas telah resmi mengumumkan bahwa ia tak lagi mendampingi Roro Fitria, dalam kasus narkoba yang membelit artis penuh sensasi tersebut. Keputusan Nuning untuk mundur menjadi pengacara Roro, menimbulkan spekulasi lain.

Isu yang beredar, Roro bangkrut. Artis ini jatuh miskin dan tak mampu membayar pengacara. Nuning pun menjelaskan perihal dirinya mundur sebagai pengacara Roro.

Diakui Nuning, ia tak lagi menjadi pengacara artis yang terkenal dengan ritual kejawennya tersebut, karena dirinya dan Roro tidak lagi memiliki tujuan dan pemikiran yang sama.

Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya