Susi Diduga Provokasi Massa Hingga Racun Kalajengking

Susi Ferawati di tengah kepungan massa berkaus #2019GantiPresiden.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Berita soal Susi Ferawati yang dituding sengaja memprovokasi massa #2019Ganti Presiden dalam kegiatan hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta pada akhir pekan lalu menjadi artikel paling banyak dibaca VIVA sepanjang Jumat, 4 Mei 2018.

Termasuk Will Smith, Ini 5 Artis Hollywood yang Tertarik Belajar Islam dan Al Quran

Pada akhir pekan lalu, Susi yang mengenakan kaus bertuliskan #DiaSibukKerja masuk ke kerumunan massa berkaus #2019GantiPresiden hingga akhirnya mendapat intimidasi dari kerumunan massa tersebut. Namun menurut beberapa pihak, hal yang dilakukan Susi justru tidak masuk akal dan sudah diatur sebelumnya.

Sementara berita di peringkat kedua yang paling banyak mendapatkan perhatian pembaca VIVA soal Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang juga memiliki gelang yang disebut gelang kode. Gelang yang menyerupai tasbih dengan biji membentuk lingkaran itu meningkat popularitasnya setelah dikenakan oleh Susi Ferawati.

Terpopuler Otomotif: Deretan Mobil yang Tidak Lagi Dijual, Biaya Kepemilikan SUV Hybrid

Di urutan ketiga artikel yang paling banyak disorot adalah soal begal bernama Kristian Budiantoro, pembunuh Ustaz Sopian yang ditemukan tewas tergantung di kamar mandi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rajabasa, Lampung. Terpidana berusia 27 tahun itu dihukum 20 tahun penjara karena kasus pembunuhan Ustaz Sopian Sauri di Waylaga Panjang.

Selain tiga berita itu, ada soal berita mengenai Vin Diesel yang dibayar supermahal hanya untuk mengatakan, I am Groot yang diucapkan Groot, salah satu tokoh di film Avengers: Infinity War dan berita soal alasan harga racun kalajengking yang mencapai Rp145 miliar per liter. Berikut ini daftar lengkap lima isu terhangat di VIVA sepanjang Jumat, 4 Mei 2018.  

Mobil Andalan Vin Diesel Disuntik Mati

1. Susi Dituding Sengaja Provokasi Massa #2019GantiPresiden

Susi Ferawati di tengah kepungan massa berkaus #2019GantiPresiden.

Politikus Partai Amanat Nasional, Eggi Sudjana, bicara mengenai insiden dugaan intimidasi Susi Ferawati oleh kelompok massa berkaus #2019GantiPresiden dalam kegiatan hari bebas kendaraan atau car free day di Jakarta pada akhir pekan lalu.

Dalam logika psikologi massa, Eggi menilai, hal yang dilakukan Susi masuk ke kerumunan massa #2019GantiPresiden untuk menciptakan kerusuhan.

"Ini kan satu potensi yang ingin menciptakan kerusuhan. Paling tidak pancingan-pancingan," kata Eggi di dalam konferensi pers kantor pusat PAN, Jakarta, pada Kamis malam, 3 Mei 2018.

Baca selengkapnya di sini

2. Sandiaga Juga Punya Gelang yang Disebut Gelang Kode

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno

Gelang kode ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Istilah gelang kode menjadi populer setelah muncul dalam peristiwa dugaan intimidasi yang dialami Susi Ferawati.

Riuh tentang gelang itu diketahui bahwa pihak yang diduga sebagai korban intimidasi dan terduga pengintimidasi memakai gelang yang sama. Padahal, gelang itu sebenarnya berbentuk menyerupai tasbih dengan biji yang tersusun melingkar sehingga membentuk lingkaran.

Ternyata tak hanya Susi dan terduga pengintimidasi yang mengenakan gelang serupa itu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga memiliki gelang sejenis.

Baca selengkapnya di sini

3. Begal yang Bunuh Ustaz Sopian Tewas Tergantung di WC

Ruangan WC tempat Budiantoro gantung diri di LP Rajabasa.

Pemuda bernama Kristian Budiantoro ditemukan tak bernyawa dalam kondisi tergantung di dinding kamar mandi di Lembaga Pemasyarakatan Rajabasa, Lampung.

Budiantoro, ditemukan tewas akibat gantung diri dengan menggunakan tali yang diikatkan ke jeruji besi dan lehernya di salah satu WC Blok D1, pukul 15.40 WIB, Kamis, 3 Mei 2018.

Pria berumur 27 tahun itu merupakan warga Kelurahan Mulyosari, Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan. Dia merupakan terpidana hukuman 20 tahun penjara.

Baca selengkapnya di sini

4. Berapa Bayaran Vin Diesel Hanya untuk Bilang 'I am Groot'

Vin Diesel sebagai Groot di Film Guardians of the Galaxy

Karakter Groot dalam film Guardians of the Galaxy dan Avengers: Infinity War termasuk yang mencuri perhatian banyak penggemar. Siapa tak hafal dengan dialog Groot yang hanya terdiri dari tiga kata saja, "I am Groot." Kalimat ini bahkan jadi candu di kalangan pecinta Marvel.

Groot diperankan oleh aktor top Hollywood yang sudah tak asing lagi namanya, Vin Diesel. Sebagai bintang besar yang bahkan masuk ke dalam tiga teratas aktor terkaya Hollywood pada tahun 2017 silam, berapa bayaran yang diterima Vin Diesel?

Sayangnya, Disney tak pernah mengungkap secara resmi bayaran yang mereka berikan untuk para aktor Avengers, termasuk Vin Diesel. Banyak beredar rumor tentang bayaran para aktornya, seperti Robert Downey Jr. yang kabarnya digaji US$50 juta untuk dua film Avengers, tapi Disney tak pernah mengonfirmasinya.

Baca selengkapnya di sini

5. Terkuak Alasan Racun Kalajengking Bisa Bikin Kaya Mendadak

Kalajengking

Kalajengking sedang menjadi bahan perbincangan hangat tokoh dan petinggi negeri di Indonesia. Gara-garanya, awal pekan ini, Presiden Joko Widodo berpidato menyebutkan komoditas paling mahal di dunia saat ini adalah racun kalajengking. Bayangkan harganya Rp145 miliar per liter.

Peneliti Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syahfitri Anita mengatakan hampir semua venom atau racun hewan bisa dipelajari. Racun kalajengking dengan racun hewan lainnya menurutnya, secara prinsip punya hal yang sama, yakni molekul aktif.

Pada racun kalajengking, molekul aktif menyerang sistem saraf dan kemudian melumpuhkan musuh, cukup dengan setetes racun saja. Syahfitri menuturkan, dalam satu tetes racun kalajengking berisi ratusan molekul aktif.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya