Video Imam Salat Ketika Gempa Lombok hingga Perubahan Radikal WhatsApp

Imam salat di Musola Asyuhada Denpasar saat terjadi gempa bumi.
Sumber :
  • Facebook Musholla As Syuhada BLK Denpasar

VIVA – Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter (SR) mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Bali pada Minggu sore, 5 Agustus 2018, pukul 18.46 WITA. Guncangan sangat dirasakan masyarakat yang tinggal di wilayah Lombok dan Bali. Masyarakat berhamburan khawatir bangunan roboh.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Kuatnya guncangan itu pun terekam dalam sebuah siaran langsung Facebook, yang menyiarkan jemaah tengah menunaikan salat Isya berjamaah. Dalam video berdurasi 14 menit, peristiwa itu terjadi di Musala As Syuhada BLK, Jalan Imam Bonjol, Kota Denpasar, Bali, pada Minggu malam.

Berita video imam salat ketika gempa bertengger manis di puncak artikel terpopuler VIVA sepanjang Senin, 6 Agustus 2018. Selanjutnya, menyalip di posisi kedua berita olahraga.

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi boleh jadi cuma bisa finis pada urutan ke-4 pada MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu 5 Agustus 2018. Namun, dia berhasil mencatatkan rekor baru sepanjang karier profesional.

Lalu, layanan pesan instan WhatsApp melakukan perubahan radikal WhatsApp, serta dua berita lainnya yang masih terkait gempa Lombok, yaitu cerita Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi yang kerap disapa dengan panggilan Tuan Guru Bajang sedang berada di Kota Mataram saat gempa besar melanda wilayahnya.

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

Terakhir, berdasarkan penelusuran VIVA dengan menggunakan fasilitas Google Maps, jika menggunakan data titik koordinat versi USGS, 8.287°S 116.451°E, maka ditemukan fakta bahwa pusat gempa besar Lombok berada di tengah sawah. Berikut ini rangkuman 5 besar berita terpopuler VIVA pada Senin, 6 Agustus 2018.

1. Video Imam Tetap Lanjutkan Salat di Tengah Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 skala richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Bali pada Minggu malam, 5 Agustus 2018, sekira pukul 18.46 WITA. Guncangan sangat dirasakan masyarakat yang tinggal di wilayah Lombok dan Bali. Masyarakat berhamburan khawatir bangunan roboh.

Bangunan luluh lantak akibat gempa bumi di Lombok

Kuatnya guncangan itu pun terekam dalam sebuah siaran langsung Facebook, yang menyiarkan jemaah tengah menunaikan salat Isya berjamaah. Dalam video berdurasi 14 menit, peristiwa itu terjadi di Musala As Syuhada BLK, Jalan Imam Bonjol, Kota Denpasar, Bali, pada Minggu malam.

Dalam video tersebut, sang imam memulai salat dengan sejumlah makmum di belakangannya. Salat berjalan seperti biasa hingga rakaat pertama selesai. Imam kemudian berdiri dan memulai rakaat kedua dengan bacaan Alfatihah. Baca selengkapnya.

2. Valentino Rossi Catat Rekor Baru di MotoGP Ceko

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi boleh jadi cuma bisa finis pada urutan ke-4 pada MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu 5 Agustus 2018. Namun, dia berhasil mencatatkan rekor baru sepanjang karier profesional.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Rossi sejauh ini sudah meraih 6.007 poin selama karier balapnya di semua kelas. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah.

Pembalap berjuluk The Doctor tersebut mengaku puas dengan hasil balapan meski tidak bisa berdiri di atas podium. Bukan tanpa alasan, karena dia sempat memimpin di lap awal. Klik di sini.

3. 3 Perubahan Radikal WhatsApp, Terakhir Paling Kekinian

Layanan pesan instan WhatsApp menambah sejumlah fitur baru untuk memanjakan penggunanya. Mengutip situs Express, Senin, 6 Agustus 2018, berikut tiga perubahan radikal WhatsApp yang perlu diketahui:

Aplikasi WhatsApp.

WhatsApp Business

Ini merupakan langkah WhatsApp untuk merangkul Anda dan membantu mereka berinteraksi, serta menjangkau lebih banyak konsumen atau klien. Penasaran dengan lanjutannya? Baca selengkapnya.

4. Cerita Tuan Guru Bajang Saat Gempa 7 SR Guncang Lombok

Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi yang kerap disapa dengan panggilan Tuan Guru Bajang sedang berada di Kota Mataram saat gempa besar melanda wilayahnya.

Kekuatan gempa yang mencapai 7 SR terjadi secara tiba-tiba. "Terasa keras sekali guncangannya, dan dalam waktu cukup lama," kata TGB dalam perbincangan dengan tvOne, Senin pagi 6 Agustus 2018.

Muhammad Zainul Majdi.

TGB yang pagi ini berada di RSUD Tanjung, Lombok Utara, menuturkan, saking kerasnya, banyak warga yang tidak sadar telah terjadi gempa. Klik di sini.

5. Pusat Gempa 7,0 SR Lombok 'Ditemukan' di Tengah Sawah

Gempa besar dengan magnitude 7,0 pada Skala Richter mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu sore, 5 Agustus 2018.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi, pusat gempa 7,0 SR berada di daratan yakni pada titik koordinat 8.37 Lintang Selatan 116.48 Bujur Timur, pada kedalaman 15 kilometer.

Bangunan luluh lantak akibat gempa bumi di Lombok

Sementara itu, menurut data yang disiarkan Badan Geologi Amerikat, United States Geological Survey (USGS), gempa Lombok memiliki magnitude 6,9. Gempa terjadi di daratan pada titik koordinat 8.287°S 116.451°E, pada kedalaman 31 kilometer.

Mungkin banyak yang ingin tahu, di sebelah mana sebenarnya pusat gempa besar itu berada, karena gempa berpusat di daratan? Baca selengkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya