Rupiah Masih Loyo hingga Ngabalin Jor-joran Bela Jokowi

Mensos Idrus Marham dan Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Liga Champions Eropa musim 2018-2019 akan kembali menyedot pecinta sepakbola. Undian grup sudah dilakukan. Hasilnya, sejumlah klub besar dari negara top Eropa harus saling bunuh demi tiket lolos ke 16 besar.

Loyo, Rupiah Dibuka Melemah Jelang Libur Lebaran Idul Fitri

Berita ini paling banyak mendapat perhatian pembaca dan menjadi terpopuler di VIVA sepanjang Jumat, 31 Agustus 2018. Artikel ini salah satunya mengupas jagoan Italia, Juventus yang harus berjuang keras agar bisa lolos dari fase penyisihan grup.

Raksasa Italia itu harus bersaing dengan jagoan Inggris, Manchester United dan kuda hitam Spanyol yaitu Valencia. Lalu, ada juga jawara dari Swiss, yaitu Young Boys.

Koreksi Pernyataan Mochtar Ngabalin, Moeldoko Sebut Transisi Pemerintahan Belum Terlihat

Berita selanjutnya yang menyedot perhatian pembaca VIVA berasal dari jagad politik Tanah Air. Figur Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kepala Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin masih jadi sorotan terkait Pemilihan Presiden 2019.

Komisioner Ombudsman RI, Laode Ida mengatakan, sebaiknya Ali Mochtar Ngabalin cuti dari jabatannya karena mendukung bakal capres Joko Widodo. Status Ngabalin merupakan penyelenggara negara yang dikhawatirkan akan membuat maladministrasi pelayanan publik.

Rupiah Melemah jadi Rp15.906, Dipicu Solidnya Ekonomi AS

Di urutan ketiga, artikel yang paling banyak dibaca adalah atlet putri Korea Selatan yang curhat makanan di Wisma Atlet Asian Games. Pujian terhadap pelayanan di Wisma Atlet diberikan pevoli Korea Selatan, Kim Yeon-koung.

Kim mengapresiasi panitia yang menyiapkan makanan ala Korea. Ia pun merasa betah tinggal di Wisma Atlet selama perhelatan Asian Games 2018.

Selain tiga berita terpopuler tersebut, ada dua berita penting lain seperti eks Menteri Sosial Idrus Marham resmi ditahan KPK usai diperiksa sebagai tersangka. Lalu, ada juga soal mata uang rupiah yang sudah tembus Rp14.700 per dolar AS.

Berikut ini daftar lima artikel yang mendapat perhatian di VIVA, sepanjang Jumat, 31 Agustus 2018.

1. Liga Champions: Juventus dan MU Bertemu, Barcelona Masuk Grup Neraka

Penampilan Cristiano Ronaldo di laga pra musim Juventus

Kiprah klub dari negara liga-liga top di dunia seperti Spanyol, Inggris, Jerman, dan Italia selalu menjadi perhatian luas. Tak terkecuali dalam drawing grup penyisihan Liga Champions Eropa musim ini.

Pertama, kiprah jawara Seri A Italia, Juventus yang harus bersaing dengan Manchester United (Inggris), Valencia (Spanyol), dan Young Boys (Swiss). Lalu, juara bertahan Real Madrid harus memulai kiprahnya di babak grup menghadapi AS Roma, CSKA Moskow serta Victoria Plzen. Baca selengkapnya di sini.

2. Jor-joran Bela Jokowi, Ombudsman RI Minta Ngabalin Cuti

Ali Mochtar Ngabalin, Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Presiden RI.

Figur Ali Mochtar Ngabalin hampir selalu memantik kontroversi memasuki tahun politik. Posisinya sebagai Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kepala Staf Presiden (KSP) membuat Ngabalin selalu pasang badan membela Joko Widodo yang maju sebagai bakal capres di Pilpres 2019.

Kontroversinya Ngabalin membuat Ombudsman RI menaruh perhatian terhadap pria bersorban tersebut. Komisioner Ombudsman RI, Laode Ida meminta Ngabalin sebaiknya cuti dari jabatannya karena mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019. Yuk, baca lagi di sini yang lengkap.

3. Atlet Putri Korsel Curhat Makanan di Wisma Atlet Asian Games

Bendera Negara Peserta di Wisma Atlet Jakabaring

Indonesia boleh berbangga dengan pencapaian di Asian Games 2018. Tak hanya sukses dari prestasi, keberhasilan sebagai tuan rumah pun menjadi perhatian. Kali ini, pelayanan di Wisma Atlet Kemayoran mendapat acungan jempol dari atlet asal Korea Selatan.

Pujian ini disampaikan atlet Korea Selatan. Pevoli Korea Selatan, Kim Yeon-koung. Ia merasa betah tinggal di Wisma Atlet Kemayoran selama Asian Games 2018 berlangsung. Simak alasan Kim Yeon-koung dengan baca selengkapnya di sini.

4. Idrus Marham Langsung Ditahan KPK

Idrus Marham usai diperiksa langsung ditahan KPK.

Sepekan terakhir sosok Idrus Marham jadi sorotan publik. Pertama, pada Jumat, 24 Agustus 2018, ia mengundurkan diri dari posisi Menteri Sosial karena dugaan suap kasus PLTU Riau-1. Kedua, pada Jumat, 31 Agustus 2018, ia diperiksa sebagai tersangka untuk kali pertama dalam kasus PLTU Riau-1.

Namun, istilah 'Jumat Keramat' tampaknya berlaku untuk Idrus. Usai diperiksa sebagai tersangka untuk kali pertama, mantan Sekretaris Jenderal Golkar itu langsung ditahan KPK. Baca lagi selengkapnya di sini.

5. Rupiah Tak Bakal Tembus Rp15.000 per Dolar, Ini Penjelasan Ekonom

Mata uang Dollar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih loyo. Terakhir, per Jumat, 31 Agustus 2018, nilai tukar rupiah menembus Rp14.700 per dolar AS. Namun, analisis cermat dan tak membuat khawatir disampaikan Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Gunawan.

Anton meyakini, meski pelemahan nilai tukar rupiah yang tidak akan semakin parah. Apalagi hingga menyentuh Rp15.000 per dolar AS. Bagaimana ulasannya, baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya