Aktor Kasus Papua, Risma Terkejut Lihat Korut, Bahaya Orde Baru

Aparat Brimob patroli di kantor Pemkab Nduga, Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA – Berita nasional cukup menjadi perhatian para pembaca pada Selasa, 11 November 2018. Salah satunya adalah berita soal Papua yang menyita perhatian masyarakat Indonesia selama beberapa pekan terakhir. Penembakan para pekerja Trans Papua di Nduga, Papua mencuatkan pentingnya mengidentifikasi masalah dan solusi atas segala persoalan di Papua dan kompleksitas misi pembangunan di sana.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Namun selain soal pernyataan adanya aktor intelektual dalam kasus Papua yang menjadi terpopuler satu di laman VIVA, berita soal Orde Baru dan bahayanya rezim tersebut juga cukup menyorot minat pembaca.

Apa saja daftar tiga teratas berita VIVA yang paling banyak dibaca dan dua berita lainnya yang menyedot ribuan pengunjung laman?

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

1. Stafsus Presiden Curiga Ada Aktor Intelektual Kasus Papua

Prajurit TNI-Polri mengevakuasi jenazah korban kelompok bersenjata Papua

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Staf Khusus Presiden, Lennys Kogoya curiga dengan aksi organisasi papua merdeka atau OPM yang pada 2 Desember 2018 lalu yang membunuh puluhan pekerja jalan Trans Papua di Kabupaten Nduga. Ia menilai, ada aktor intelektual di balik itu.

Lennys mengungkapkan alasan antara lain mulai dari jalur suplai senjata yang masuk ke kelompok sipil bersenjata hingga tragedi yang dinilai sebagai perayaan kemerdekaan mereka.

"Mulai tahun 2014, sejak Jokowi ke Papua, sampai 2017 setiap Desember, tidak pernah ada insiden di Papua. Tidak ada pengibaran bendera, semua tenang," kata Lennys di Istana Negara, Jakarta, Senin malam 10 Desember 2018.

Berita yang mengangkat pernyataan Lennys, putra asli Papua itu bertengger menjadi berita yang paling banyak dibaca. Jangan lewatkan lengkapnya dan klik beritanya di sini.

2. Risma Terkejut Saat Lihat Negara Kim Jong-un

Semringahnya Risma Kota Surabaya Juara Guangzhou International Award

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini baru saja melakukan kunjungan ke beberapa kota di Korea Utara pada akhir November hingga awal Desember 2018. Presiden United Cities Local Governments atau UCLG itu lantas memuji beberapa hal tentang kota yang ia kunjungi dan juga tentang masyarakatnya meski selama ini banyak pemberitaan miring mengenai Korut.

Ibu Kota Korut, Pyongyang, adalah kota pertama yang dikunjungi Risma. Di sana, dia disambut oleh Wakil Presidium Supreme People's Assembly, Kim Yong-nam.

Berita soal Risma ini menjadi berita kedua yang paling banyak diklik oleh pembaca VIVA. Mau tahu apa saja yang dikagumi Risma dari Korut? Langsung cek berita ini.

3. Imparsial Ingatkan Bahayanya Rezim Orde Baru

 Direktur Imparsial, Al-Araf.

Lembaga Imparsial memberi sejumlah catatan terkait polemik rezim Orde Baru yang menjadi "jualan" isu Pemilu 2019.

Lembaga yang fokus pada perlindungan HAM dan reformasi sektor keamanan itu, mengkritisi ide segelintir pihak yang mencoba memunculkan kembali romantisme rezim Orde Baru saat ini.

Direktur Imparsial Al Araf menyatakan, kerinduan itu tak tepat dan cenderung ahistoris atau tak paham sejarah.

"Setiap kritik warga negara dinilai sebagai ancaman sehingga penangkapan sewenang-wenang, penculikan dan bahkan pembunuhan berulang kali terjadi pada masa ini," kata Al Araf di Jakarta, Selasa 11 Desember 2018.

Berita Imparisal mengkritisi isu kerinduan atas Orde Baru itu menuai cukup banyak pembaca hingga berada di berita lima besar teratas. Ikuti penjelasan lengkap argumen Imparsial di berita berikut.

4. Mengejutkan, Bos Persija Jawab Masa Depan Teco, Bepe dan Ismed

Kapten Persija Jakarta, Ismed Sofyan mengangkat trofi Liga 1 2018

Nasib tiga sosok vital dalam skuat Persija Jakarta, pelatih kepala, Stefano Cugurra Teco, dan dua pemain veteran, Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas pada waktu ke depan belum menunjukkan kepastian.

Teco jadi salah satu sosok penting dibalik kesuksesan Persija meraih gelar juara Liga 1 2018. Selain Teco, dua penggawa veteran, Bambang dan Ismed juga masih belum jelas. Untuk Ismed, bek berusia 39 ini menegaskan belum mau gantung sepatu, dan Teco juga menyebut ia masih membutuhkan jasanya. Namun
manajemen Persija belum memutuskan bagaimana kelanjutan karier mantan bek Timnas Indonesia ini.

CEO Persija, Gede Widiade lalu menjawab soal belum adanya progres penentuan nasib tiga figur tersebut. Apa jawaban Gede? Cek berita ramai pembaca itu di sini.

5. Pasien Tewas Gara-gara Potongan Semangka yang Disajikan Rumah Sakit

Semangka.

Kisah mengenaskan dialami salah seorang pasien yang dirawat di rumah sakit. Bukannya sehat, pasien itu malah tewas akibat tersedak makanan yang disiapkan rumah sakit. Tiga potong semangka menjadi momok maut bagi Kline George Verney.

Pasien lanjut usia itu akhirnya meninggal dunia dan koroner menemukan potongan semangka dan butir-butir nasi nyangkut yang diduga menjadi pemicu kematian pasien yang awalnya mengalami gangguan pencernaan tersebut.

Berita ini cukup menjadi perhatian pembaca juga walau tak berada di lima besar. Cari tahu lengkapnya melalui berita ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya