Fakta WNI Korban Penembakan, hingga Menag Tak Berkutik Hadapi Rommy

Yusni (71) ibu dari Zulfirman Syah tengah memperlihatkan foto korban.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Ada korban WNI dalam penembakan brutal masjid di Selandia Baru. Salah seorang korban bernama Zulfirman Syah, warga Kota Padang, Sumatera Barat.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Menurut Hendra Yaspita, kakak kandungnya, banyak peluru yang bersarang di tubuh korban. Meski tidak merinci berapa banyak peluru yang bersarang di tubuh Zulfirman, namun Hendra memastikan jika kondisi paru-paru korban bocor akibat terkena tembakan.

Tapi berdasarkan informasi dari istri korban, kondisi Zulfirman mulai stabil pasca operasi pertama, walau masih belum sadar. Setidaknya kabar itulah yang menjadi berita paling populer di laman VIVA, sepanjang Sabtu 16 Maret 2019.

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berita terpopuler kedua datang dari kasus Operasi Tangkap Tangan yang membelit Ketua Umum PPP, Romahurmuziy alias Rommy. Menurut Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dalam masalah ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tidak berdaya menghadapi praktik curang yang dilakukan Rommy. Sehingga jabatan-jabatan dimainkan.

Kabar terpopuler ketiga datang dari surat suara Pemilu 2019 yang salah kirim. Temuan tersebut dari hasil pemantauan tim Bawaslu di luar negeri.

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

Dari temuan, ada surat suara salah kirim ke Hong Kong. Padahal surat suara itu mestinya ke Tawau (Malaysia) dan ke Manila (Filipina). Laporan surat suara nyasar tersebut diterima Bawaslu RI di Jakarta pada Jumat, 15 Maret 2019.

Berikut lima berita terpopuler di laman VIVA, sepanjang Sabtu 16 Maret 2019:

1. Banyak Peluru di Tubuh WNI Korban Penembakan Masjid di Selandia Baru

Yusni (71) ibu dari Zulfirman Syah tengah memperlihatkan foto korban.

Hendra Yaspita, kakak kandung Zulfirman Syah, warga Kota Padang, Sumatera Barat, yang menjadi korban penembakan brutal di masjid Kota Christchurch, Selandia Baru mengatakan, banyak peluru yang bersarang di tubuh korban.

Meski tidak merinci berapa banyak peluru yang bersarang di tubuh Zulfirman, namun Hendra memastikan jika kondisi paru-paru korban bocor akibat terkena tembakan.

Tapi berdasarkan informasi dari istri korban, kondisi Zulfirman mulai stabil pasca operasi pertama, walau masih belum sadar.

“Operasi pertama, karena ada beberapa peluru. Tidak dijelaskan dimana saja peluru itu, tapi ada banyak peluru. Yang paling parah paru-parunya bocor,” kata Hendra Yaspita di Padang, Jumat malam 15 Maret 2019.

Menurut Hendra, selain kondisi adiknya yang mulai stabil. Kondisi keponakannya yang bernama Omar Rois (2) juga sudah mulai membaik. Omar sudah sadar. Dalam peristiwa berdarah itu, Omar mengalami luka tembak pada bagian tangan dan kaki. Baca selengkapnya.

2. Mahfud MD Sebut Menteri Agama Tak Berdaya Menghadapi Rommy

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjawab pertanyaan wartawan saat akan meninggalkan Gedung KPK di Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD kembali menyampaikan kalau dirinya sempat mengingatkan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhammad Romahurmuziy alias Rommy terkait dugaan kasus jual beli pengisian jabatan di Kementerian Agama.

Menurut Mahfud, dia telah mengingatkan Rommy di hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan. Berdasarkan informasi yang dia peroleh dari KPK, apa yang terjadi terhadap Rommy tinggal menunggu waktu saja.  

"Mengingatkan saja, sudah pernah bilang karena ribut-ribut, saat tampil di ILC. Dua hari kemudian saya bertemu di Darmawangsa," kata Mahfud dalam dialog Kabar Petang tvOne, Jumat 15 Maret 2019.

Mahfud memastikan bahwa dia tidak pernah melaporkan kasus Rommy kepada KPK. Justru sebaliknya, dia memperoleh sejumlah nama-nama yang terindikasi melakukan korupsi dari KPK. "Saya tahunya dari KPK, dan untuk apa saya lapor ke KPK lagi," katanya.

Menurut Mahfud MD, dalam masalah ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tidak berdaya menghadapi praktik curang yang dilakukan Rommy. Sehingga jabatan-jabatan dimainkan. Baca selengkapnya.

3. 15 Box Surat Suara Pemilu 2019 Nyasar ke Hong Kong

Petugas KPU menyusun kardus berisi surat suara Pemilu 2019

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifudidin mengatakan, ada surat suara Pemilu 2019 yang salah kirim. Temuan tersebut dari hasil pemantauan tim Bawaslu di luar negeri.

"Ada surat suara salah kirim, yang mestinya ke Tawau (Malaysia) dan ke Manila (Filipina) dikirim ke Hongkong,” Kata Afif dalam Diskusi Media Melawan Hoaks, di Bali, Sabtu, 16 Maret 2019.

Afif menambahkan, laporan surat suara nyasar tersebut diterima Bawaslu RI di Jakarta pada Jumat, 15 Maret 2019. "Temuannya oleh Panwas Hongkong," ujarnya menambahkan.

Mengenai berapa banyak surat suara yang nyasar itu, Afif belum mendapatkan laporan detail. Termasuk apakah surat suara yang nyasar dari Malaysia dan Filipina ke Hongkong ini terdiri dari surat suara DPR hingga Presiden.

"Saya baru dapat laporan itu 15 box, jumlahnya belum dapat detail. Kami masih nunggu," ujarnya. Baca selengkapnya.

4. Arti Tulisan Putih di Senjata Pelaku Teror Masjid Selandia Baru

Isi mobil pelaku penembakan masjid di Selandia Baru.

Pelaku penembakan brutal di masjid Kota Christchurch, Selandia Baru, menyiarkan langsung aksi sadisnya di media sosial saat melancarkan tembakan kepada korban. Salah satu yang mencuri perhatian adalah senjata yang digunakan pelaku.

Pelaku melukis senjata yang digunakannya untuk melancarkan aksi, dengan nama-nama 'idola' dan kronologi kemenangan EuroChristianity melawan Muslim, Turki dan Ottomans.

Di akun twitter @brentontarrant telah diunggah gambar senapan dan peralatan militer, yang dihiasi dengan nama-nama dan pesan-pesan yang terkait dengan nasionalisme kulit putih.

Huruf dan angka dari bahasa Latin, Sirilik dan Georgia (Mkhedruli), kata-kata dan tanggal yang berkaitan dengan tempat, orang dan pertempuran yang terkait dengan konflik kekerasan sepanjang sejarah antara Kristen dan Muslim, dapat dilihat di senjata tersebut.

Tak sampai di situ dalam laras senjata yang dipakai Brenton Tarrant untuk menembak 49 warga muslim juga tertulis sangat besar dalam cat putih yaitu Refugees Welcome to Hell yang artinya adalah ‘pengungsi, selamat datang di neraka’. Baca selengkapnya.

5. Tendangan Leher Mematikan Jadi Akhir Karier Legenda Wushu di One Pride

Aksi Handi Prayitno (biru) dalam laga melawan Taufik Ramadhan

Legenda wushu nasional, Handi Prayitno, akhirnya memutuskan pensiun dari mixed martial arts usai mengalahkan Taufik Ramadhan, di One Pride Pro Never Quit Fight Night 27, Sabtu 9 Maret 2019 lalu. Handi mengakui, keputusannya pensiun didasari atas keinginannya fokus dalam urusan bisnis.

"Ini menjadi duel terakir saya di One Pride. Saya ingin fokus mengurus bisnis," terang Handi.

Melawan Taufik, Handi sebenarnya tampil brilian. Dia mampu menekan Taufik sepanjang laga.

Hanya saja, Handi merasa begitu kesulitan menjatuhkan Taufik. Sebab, menurut Handi, Taufik memiliki daya tahan yang bagus.

Baru pada ronde ketiga, Handi bisa membuat Taufik terkapar. High kick Handi berhasil membuat Si Beton tertidur. Baca selengkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya