Jebakan Janda Kesepian, Anies Soal MRT, dan Tantangan Gubernur Banten

Warga mengikuti uji coba publik pengoperasian MRT (Mass Rapid Transit) fase I koridor Lebak Bulus - Bundaran HI di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

VIVA –  Berita Pemilu dan pemilihan presiden mungkin sudah dianggap menjemukan oleh pembaca VIVA. Sebab, pada Selasa, 26 Maret 2019, tiga berita teratas di VIVA tak terkait copras capres. Satu berita paling populer malah berita tentang penipuan yang dilakukan oleh perempuan yang mengaku janda kesepian bernama Barbie. 

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Media sosial, dimana identitas bisa dipalsukan, kerap digunakan sebagai sarana menipu dan berujung perampokan atau pemerasan. Meski berulangkali terjadi, namun banyak pengguna media sosial tetap lengah.

Kasus terbaru menimpa empat pemuda di Depok. Tergiur kenalan baru di media sosial Facebook yang mengaku sebagai janda yang tengah kesepian, empat pemuda ini malah jadi korban pemerasan. Mereka lengah dan tak curiga, bahwa perempuan molek yang mengaku bernama Barbie itu ternyata tengah memasang jerat. Keempat pemuda itu tak hanya diperas, tapi juga diancam, dan dipukuli.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Selain berita kanal Metro yang menjadi terpopuler di VIVA, berita di peringkat kedua terpopuler juga masih dari kanal Metro, yaitu tanggapan Gubernur DKI Anies Baswedan tentang kelakuan penumpang MRT. 

Gubernur DKI Anies Baswedan meminta agar warga DKI tidak saling merendahkan dan saling menghina dengan perilaku sejumlah pengguna MRT yang bertindak 'tidak wajar.' Saat uji coba MRT, sejumlah gambar viral memperlihatkan warga yang berperilaku tak sepatutnya. Mulai dari bergelantungan, berdiri di atas kursi, buang sampah sembarangan, hingga makan lesehan di ruang tunggu. 

Terpopuler: Timnas Indonesia Bantai Vietnam, Kata Philippe Troussier

Berita terpopuler ketiga di VIVA.co.id berasal dari kanal Nasional. Tantangan Gubernur Banten pada siapa saja yang ingin membentuk Provinsi Tangerang rupanya menarik perhatian pembaca. Saat pembukaan acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI Provinsi Banten di pusat Pemerintah Kota Tangerang, Gubernur Banten Wahidin Halim memastikan, langkah untuk membentuk Provinsi Tangerang tidak mudah dan butuh proses panjang. Itu sebabnya dia menantang siapa saja yang berani menggagas ide tersebut untuk berhadapan dengan dirinya.

Selain tiga berita di atas, dua berita lain yang mampu menarik perhatian pembaca adalah permintaan Anies Baswedan agar tak kaitkan tarif MRT dengan Pemilu, dan  keluhan Ratna Sarumpaet soal ruang tahanan yang tak punya ventilasi. 

Berikut link yang bisa Anda tautkan untuk membaca lima berita diatas:

1. Ngaku Janda Kesepian, Barbie Jebak Empat Pemuda Depok
Empat pemuda di Depok menjadi korban penipuan. Diawali kenalan melalui Facebook dengan seorang perempuan mengaku janda bernama Barbie, empat pemuda ini mengalami nasib sial. Kisah dimulai dari perkenalan Yogi Hidayat dengan Barbie yang memperkenalkan diri sebagai perempuan tak bersuami dan sedang kesepian. Rupanya Yogi terpincut dan menerima tawaran Barbie untuk main ke kontrakannya. Ia mengajak Zakaria, rekannya, untuk menemui Barbie. Tapi ternyata Barbie hanya menipu. Di kontrakan, Yogi dan Zakaria malah dianiaya dan diperas oleh Hartono, pria yang mengaku suami Barbie. Yogi dituduh akan berselingkuh dengan Barbie, istrinya. Dua rekan Yogi dan Zakaria, datang membantu. Tapi Hartono malah mengajak teman-temannya. Apa saja yang dialami Yogi dan teman-teman, Anda bisa melanjutkan membaca melalui link ini.

Para pelaku perampokan, salah satunya wanita.

2. Viral Kejadian di MRT, Anies: Jangan Menghina, Semua Jadi Pembelajaran
Viralnya gambar para penumpang MRT yang berperilaku tak pantas, membuat Gubernur DKI Anies Baswedan prihatin. Meski menyesalkan perilaku penumpang, Anies berusaha memaklumi dengan mengatakan mereka mungkin belum pernah mengalami naik MRT. Di sisi lain, Anies juga meminta warga DKI agar tak menghujat mereka, tidak saling menghina, dan menjadikan kasus-kasus tersebut sebagai pembelajaran. Apa saja yang disampaikan oleh Anies, Anda bisa menyimak secara lengkap pada tautan ini.

Perilaku penumpang di MRT.

3. Gubernur Banten: Mau Bikin Provinsi Tangerang, Langkahi Dulu Kaki Saya
Isu lama soal pembentukan Provinsi Tangerang ternyata memang belum tentu akan terwujud. Gubernur Banten Wahidin Halim bahkan menantang mereka yang ingin nekat mewujudkan pembentukan Provinsi Tangerang. Ia menantang mereka yang ingin membikin Provinsi Tangerang untuk melangkahi kakinya. Seperti apa ucapan Wahidin Halim? Silakan baca di link ini.

Gubernur Banten, Wahidin Halim

4. Tarif MRT Belum Final, Anies: Jangan Kaitkan dengan Pemilu
Jelang penggunaan secara komersil, tarif MRT ternyata belum bisa ditentukan. Meski DPRD sudah sempat mengatakan akan mematok tarif sebesar Rp8.500 per penumpang, tapi menurut Anies penetapan harga itu ternyata belum final. Untuk itu, Anies meminta agar penentuan harga ini tak dikaitkan dengan Pemilu. Sebab, yang perlu dibincangkan adalah penentuan harga jangka panjang. Ingin lebih detil, Anda bisa baca penjelasan Gubernur Anies Baswedan di sini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden Joko Widodo saat meresmikan MRT.

5. Ratna Keluhkan Rutan, Polisi: Tak Bisa Disamakan dengan Rumah Pribadi
Ratna Sarumpaet, artis teater yang saat ini tengah menjalani proses persidangan dengan tuduhan melakukan kebohongan atau hoax mengeluhkan kondisi ruang tahanan yang tak memiliki ventilasi. Menanggapi keluhan itu, Polda Metro Jaya meminta Ratna untuk bisa membedakan ruang tahanan dengan rumah pribadi. Seperti apa jawaban lengkap Polda Metro Jaya? Simak jawabannya di sini.
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet (tengah)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya