Amien Rais Klaim Kemenangan Prabowo-Sandi, Jokowi Mendadak ke Mal GI

Jokowi-Ma'ruf Konpres Usai Pencoblosan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pasca pemilihan Presiden 2019 pada 17 April 2019 lalu, suasana politik masih saja terasa. Apalagi fase hitung suara masih berjalan. Dari kedua kubu paslon masih sama-sama menantikan siapa yang bakal duduk di kursi Presiden pada periode 2019-2014.

Noel Joman Sebut Sikap Sinis Hasto ke Jokowi Merugikan PDIP dan Megawati

Sementara itu, bersamaan dengan proses penghitungan suara, banyak polemik yang terjadi dari munculnya dugaan-dugaan kecurangan KPU hingga deklarasi kemenangan dari salah satu paslon.

Berita terpopuler VIVA juga masih seputar panasnya proses pemilu yang berjalan. Di urutan teratas berita terpopuler VIVA sepanjang Sabtu 20 april 2019 diduduki oleh pemberitaan soal pernyataan Yusril Ihza Mahendra. Ia mengomentari rumor di media sosial bahwa, "Jokowi dipastikan tak memang dalam pilpres ini." 

Rocky Gerung Prediksi Megawati Berani Pilih jadi Oposisi: PDIP Selama Ini Terlalu Pragmatis

Di posisi ke dua ada pemberitaan soal Co Founder aplikasi dari AyoJagaTPS yang mengklaim dirinya mampu menghitung secara akurat surat suara. Dirinya menyatakan bahwa paslon nomor 2 Prabowo-Sandi memenangi pemilihan ini dengan meraup angka tertinggi.

Posisi ke 3 juga giliran Amien Rais yang menyatakan bahwa ia bisa menjamin bahwa Prabowo-Sandi menang di Jawa Timur.

Ali Ngabalin Kasih Bocoran soal Kemungkinan Jokowi Sowan Lagi ke Megawati

Selain berita politik, dua berita terpopuler lainnya datang dari kanal hiburan. Banyak pembaca VIVA yang penasaran soal kisah YouTuber Korea Selatan Ujung Oppa yang memposting video dirinya mengucap dua kalimat Syahadat dan mendeklarasikan dirinya masuk Islam. Penasaran bagaimana berita selengkapnya? Berikut ini rangkuman VIVA

1. Yusril Bicara Rumor ‘Jokowi Dipastikan Tak Menang Pilpres 2019’

Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra.

Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menepis rumor tentang peluang kecil Joko Widodo memenangi pemilu presiden 2019, sebagaimana tulisan ringkas berjudul “Jokowi Dipastikan Tidak Menang Pilpres 2019” yang beredar di media sosial.

Dalam tulisan itu, si penulis yang tertera sebagai ‘Restu Bumi” menukil pasal 6A ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945: "Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang mendapatkan suara lebih dari lima puluh persen dari jumlah suara dalam pemilihan umum dengan sedikitnya dua puluh persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden."

Baca selengkapnya di sini

2. AyoJagaTPS Klaim Prabowo-Sandi Unggul 62 Persen di 31 Ribu TPS

Seruan AyojagaTPS di Pemilu 2019 terus disuarakan.

Co Founder aplikasi dari AyoJagaTPS, M. James Falahudin, mengklaim berhasil menyelesaikan perhitungan 6,4 juta surat suara yang dilaporkan oleh penggunanya di 31 ribu Tempat Pemungutan Suara atau TPS se-Indonesia.

Berdasarkan data laporan para penggunanya, pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan suara sebanyak 62 persen, sedangkan 38 persennya untuk Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Yang kami publikasikan melalui proses cleansing data itu sektiar 6,4 juta suara dari 31 ribu TPS. Hasilnya, ini kami enggak bela siapa-siapa, tapi data kami, ya 62, persen [untuk] 02, sisanya 01," katanya dalam sebuah forum diskusi di Jakarta, Sabtu, 20 April 2019.

Baca artikel selengkapnya di laman ini.

3. Amien Rais Klaim Prabowo-Sandi Menang di Jawa Timur

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (tengah) bersiap memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta

Pemilihan umum serentak 2019 telah digelar pada 17 April 2019 lalu. Sejumlah hasil hitung cepat lembaga survei menunjukkan paslon nomor 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin memenangkan pemilihan umum presiden.

Namun, Ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais, mengklaim Prabowo-Sandi menang Pilpres 2019. Dia mengatakan, paslon nomor urut 02 berhasil mendapatkan lebih dari 50 persen suara di Jawa Timur.  

"Saudara-saudara terutama di Jawa Timur. Semua yang menghitung bukan lagi quick count tapi real count, tiga lembaga yang diakreditasi Bawaslu mengatakan, ini adalah sebuah rahmat ternyata 02 menang di Jawa Timur, bukan di Madura, bukan Banyuwangi, tapi seluruh Jawa Timur.  Kita menang sudah 50 persen lebih. Insya Allah Merdeka!" ujar Amien Rais dalam video yang diterima VIVA, Sabtu 20 April 2019. 

Amien mengungkapkan, Jokowi hanya menang di Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, dan daerah kecil-kecil. Sementara di daerah lainnya Jokowi kalah suara dari Prabowo. 

Baca artikel lengkapnya di laman ini.

4. Jokowi Mendadak ke Mal Grand Indonesia

Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)

Calon presiden Joko Widodo bertandang ke Mal Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu siang, 20 April 2019. Hingga berita ini dipublikasikan, belum ada informasi secara resmi agenda Jokowi di sana.

Jokowi tiba mal itu pukul 13.30. Mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, Jokowi masuk melalui Amarta Lobby dengan dikawal oleh satuan Paspampres yang mengenakan baju merah.

Memasuki pintu lobi, para warga yang sedang berkunjung di mal langsung mengerumuni pintu mal itu untuk menyambut Jokowi sambil berusaha berswafoto. Mereka sontak meneriaki Jokowi sebagai presiden.

Baca selengkapnya di sini.

5. Kisah YouTuber Korsel Ujung Oppa Putuskan jadi Mualaf Bikin Merinding

Ujung Oppa, YouTuber Korea yang lama tinggal di Indonesia

Nama YouTuber asal Korea Selatan Ujung Oppa mendadak jadi sorotan publik Tanah Air. Ini, karena keputusannya yang menginginkan menjadi mualaf. Momen Ujung Oppa resmi memeluk Islam ini sempat ia videokan dan diunggahnya di akun YouTube 24 Maret 2019 lalu. Dalam video itu, dia mengaku deg-degan saat mengucap dua kalimat syahadat di hadapan sejumlah ustaz.

Pria Korea Selatan yang sudah sering bolak-balik Indonesia-Korea selama 15 tahun ini mengaku, sudah lama tertarik ingin memeluk agama Islam. Namun, ia mengaku ada ketakutan tersendiri.

Lewat akun YouTube keluarga The Sungkar, Ujung Oppa juga mengungkapkan, tentang kisahnya hingga memutuskan dan tertarik untuk hijrah.

Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya