Pembakar Kotak Suara Ditangkap hingga Klarifikasi Andre Taulany

Pelaku pembakaran kotak surat di Sungai Penuh, Jambi. Satu pelaku caleg PDIP.
Sumber :
  • istimewa/ Syarifuddin Nasution

VIVA – Berita tentang Wakil Ketua Majelis Syuro DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mempersilakan Sandiaga Uno menduduki jabatan lamanya sebelum mencalonkan diri menjadi wakil presiden (wapres) nomor urut 2, menjadi yang paling banyak mendapat sorotan dari pembaca VIVA pada Senin, 22 April 2019.

Aksi Perusakan Logistik Pilpres di Rusia, Kotak Suara Dibakar dan Disiram Cat

Sebelumnya, Sandi merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kendati demikian, Hidayat mengatakan bahwa proses pemilihan presiden (pilpres) belum kelar dan Sandi masih berpeluang menjadi wapres. Lagipula, menurutnya, posisi wagub DKI menjadi urusan DPRD DKI saat ini.

Sementara artikel kedua yang paling banyak dibaca tentang kasus pembakaran kotak suara di tempat pemungutan suara (TPS) 1, 2, dan 3 pada Kamis, 18 April 2019 di Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungai Penuh, Jambi yang akhirnya berhasil ditangkap polisi. Dalam kasus itu, ada dua orang yang ditetapkan sebagai tersangka dan satu orang sebagai saksi. Salah satunya calon legislatif PDIP.

95 TPS di Tangsel Gelar Penghitungan Ulang Usai Kotak Suara Dibuka

Di posisi ketiga, berita soal anggota DPR RI Bowo Sidik Pangarso yang mengaku mendapatkan tawaran uang sekitar Rp2 miliar dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita terkait pengamanan Peraturan Mendag soal perdagangan gula kristal rafinasi. Soal itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku masih mempelajari informasi itu.

Selain ketiga artikel paling populer tersebut, berita lain yang juga ramai, yakni klarifikasi Andre Taulany soal unggahan istrinya, Reinwartia Trygina di akun media sosialnya terkait calon presiden Prabowo Subianto dan hadirnya dashboard hitung manual Pilpres 2019, yakni realcount.id.

Gara-gara Kalah Suara, Caleg di Banyuwangi Tarik Bantuan Paving Block yang Diberikan pada Warga

Berikut ini daftar lengkap isu terhangat di VIVA sepanjang Senin, 22 April 2019.

1. PKS Persilakan Sandiaga Kembali Jadi Wagub DKI

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 14 Februari 2019.

Wakil Ketua Majelis Syuro DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid mempersilakan Sandiaga kembali menjabat sebagai wagub. Meski begitu, ia menegaskan proses Pilpres belum selesai dan Sandi berpeluang menjadi wapres.

"Ya monggo saja kalau beliau mau. Tapi kan belum tentu beliau kalah dalam wapres, kalau beliau nanti menang sebagai wapres? Ini proses belum selesai," kata Hidayat di gedung DPR, Jakarta, Senin, 22 April 2019.

Ia menambahkan, sekarang semuanya fokus untuk penyelesaian masalah Pemilu. Lalu PKS juga masih dalam menjaga proses dan perkembangan dalam rekapitulasi suara di kecamatan-kecamatan dan kabupaten dan seterusnya.

Selengkapnya silakan baca di sini

2. Pembakar Kotak Suara di Jambi Ditangkap, Pelakunya adalah Caleg PDIP

Pelaku pembakaran kotak surat di Sungai Penuh, Jambi. Satu pelaku caleg PDIP.

Kasus pembakaran kotak kotak suara di TPS 1, 2 dan 3 pada 18 April 2019 lalu di Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungai Penuh, Jambi, akhirnya ditangkap polisi.

Informasi yang dihimpun, pembakar kotak suara dan surat suara ini sebanyak dua orang bernama RJ (31) tahun, warga RT 02 Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungai Penuh, Jambi. Dia adalah Panwascam Desa Tanjung Karang.

Kemudian Kharul Saleh (53), warga Desa Hamparan Pugu, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Jambi. Dia adalah calon anggota legislatif PDIP Koto Padang, Kecamatan Tanah Rampung, Kerinci. Keduanya langsung ditetapkan sebagai tersangka.

Selengkapnya silakan baca di sini

3. Pengakuan Bowo Sidik: Dapat Rp2 Miliar dari Menteri Enggartiasto

Tersangka kasus dugaan suap distribusi pupuk Bowo Sidik Pangarso meninggalkan gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku masih mempelajari informasi yang menyebutkan bahwa salah satu penerimaan uang oleh anggota DPR RI, Bowo Sidik Pangarso, berasal dari Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

Bowo dalam kasus di KPK ditetapkan tersangka penerima suap terkait jasa angkut pupuk dan kasus gratifikasi. Tapi belakangan ada penawaran pemberian sekitar Rp2 milliar oleh Mendag kepada Bowo yang diduga terkait pengamanan Peraturan Mendag soal perdagangan gula kristal rafinasi.

Informasi ini beredar dan disebutkan bahwa hal itu telah disampaikan Bowo saat menjalani pemeriksaan di KPK. Uang yang diberikan kepada Bowo dalam pecahan dolar Singapura. Uang itu menjadi bagian dari Rp8 miliar yang dimasukkan Bowo ke dalam 400 ribu amplop untuk serangan fajar pada Pemilu 2019.

Selengkapnya silakan baca di sini

4. Klarifikasi Andre Taulany di YouTube Sambil Menangis

Andre Taulany dan Rien Wartia Trigina

Istri Andre Taulany, Reinwartia Trygina tengah menjadi sorotan publik lantaran unggahan Instagram Story pada Sabtu, 19 April 2019. Wanita yang akrab disapa Erin itu mengunggah foto Calon Presiden Prabowo Subianto dengan tulisan 'Sinting'.

Di hari yang sama, Andre Taulany mengunggah sebuah video di kanal YouTube Taulany TV dengan judul 'Klarifikasi Andre Taulany'. Pada awal video, Andre meminta maaf dengan memasang wajah murung dan tertunduk sedih.

"Hari ini Sabtu tanggal 20 April 2019, saya ingin klarifikasi kepada semua bahwa saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga saya kepada teman-teman, fans, juga semua yang telah me-support selama ini," ucapnya.

Selengkapnya silakan baca di sini

5. Bingung dan Ribet Pantau Suara Pilpres 2019? Klik Saja Realcount.id
Dashboard Realcount.id

Belakangan ini penghitungan suara Pilpres 2019 menjadi perhatian. Sebagian masyarakat menyangsikan hasil penghitungan cepat atau quick count yang dirilis berbagai lembaga survei nasional. Sementara perhitungan yang menjadi patokan bagi KPU adalah hitung manual (real count).

Masyarakat kini memantau perkembangan perolehan suara Pilpres melalui hitung manual dari KPU. Namun, sekarang telah tersedia beberapa platform yang menyediakan real count Pilpres 2019. Nah, supaya kamu tidak bingung dan ribet memantau real count, kini telah hadir dashboard hitung manual Pilpres 2019, yakni realcount.id.

Realcount.id merupakan perhitungan real count dari berbagai platform daring dan juga real count dari KPU. Data yang ditampilkan di dashboard hitung manual Pilpres ini, diambil dari masing-masing website platform real count.

Selengkapnya silakan baca di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya